Selasa , 24 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Profesor Jerman: Pertanian Semakin Penting di Masa Depan
Pertanian Semakin Penting di Masa Depan
Pertanian Semakin Penting di Masa Depan

Profesor Jerman: Pertanian Semakin Penting di Masa Depan

Edupost.id – Di beberapa negara di Asia, terjadi penurunan kontribusi sektor pertanian dalam Produk Domestik Bruto (PDB/GDP). Meski demikian, sektor pertanian sangat penting untuk dipelajari dan akan menjadi bisnis yang sangat besar kedepannya. Hal ini seperti yang diungkapkan Prof. Hermann Waibel dari Hannover University, Jerman saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Unpad beberapa waktu lalu.

“Pertanian sangat penting dan akan semakin penting di masa depan. Pertanian juga akan menjadi bisnis yang besar,” ujar Prof. Hermann.

Ia mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh para peneliti di bidang pertanian saat ini. Salah satunya, para peneliti harus memahami mengenai angka kemiskinan karena mayoritas petani, di beberapa negara, masih masuk dalam kategori miskin.

“Tidak semuanya, tapi mayoritas petani masih miskin. Ini masih menjadi kasus di beberapa negara. Jadi ketika sedang mendalami tentang pertanian, kita perlu memahami mengenai kemiskinan,” tuturnya.

Selain itu, hal yang juga perlu diperhatikan peneliti adalah perlunya pemahaman mengenai ekonomi lingkungan dan sumber daya alam mengingat sektor pertanian sangat erat kaitannya dengan alam dan lingkungan. Para peneliti juga perlu memahami mengenai rantai nilai, karena komoditas pertanian juga sangat erat kaitannya dengan keadaan pasar.

Prof. Hermann memaparkan materi dengan tema “Sustainable Agricultural Development Through Empowerment of Agricultural Scientist” kepada mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian (S1) dan mahasiswa Pascarasarjana Agrokompleks Unpad. Kuliah umum tersebut merupakan salah satu dari empat kegiatan visiting lecturers dari para pakar mancanegara yang digelar oleh Agribisnis Unpad.

Check Also

Universitas Padjajaran (unpad)

Unpad Tandatangani Piagam Kerja Sama dengan FPCI

Edupost.id – Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad dan Founder of Foreign Policy Community …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *