Jumat , 26 Mei 2017
Home / Poleksosbud / Ratusan Guru Al-zaytun Dipecat Tanpa Pesangon, FSGI : Ini Melawan Hukum
guru
Ilustrasi. Guru

Ratusan Guru Al-zaytun Dipecat Tanpa Pesangon, FSGI : Ini Melawan Hukum

Edupost.ID – Sebanyak 116 guru Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) Al Zaitun Indramayu, Jawa Barat diberhentikan tanpa pesangon. Pemberhentian ini juga tidak disertai oleh surat resmi PHK, padahal, mereka sudah mengabdi di YPI Al-Zaytun rata-rata 15-17 tahun.

Sekjend Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti sangat menyayangkan hal ini. Menurutnya, tindakan yayasan pimpinan Panji Gumilang ini adalah tindakan sewenang – wenang dan melawan hukum.

“Manajemen YPI Al-Zaytun telah bertindak sewenang-wenang dan melawan hukum dengan melakukan PHK tanpa penjelasan, tanpa alasan, tanpa memberikan kesempatan pembelaan diri, tanpa surat pemberhentian, tanpa pesangon dan menyalahi prosedur,” imbuh Retno.

Retno juga menyebut,  YPI Al Zaitun telah menyalahi pasal 61, 151 dan 154 UU RI No. 13/2003  tentang Ketenagakerjaan. Tidak hanya itu, pasal 30 dan 31 UU RI No 14/2005 tentang Guru dan Dosen juga telah dilanggar. Kemudian, berdasarkan pasal 1365 KUHPerdata disebutkan, dalam hal seseorang melakukan suatu Perbuatan Melawan Hukum maka dia berkewajiban membayar ganti rugi akan perbuatannya tersebut.

“Ke-116 guru tersebut merupakan guru tetap yang memiliki NUPTK dan bersertifikat Pendidik,  mereka mengalami PHK secara sepihak dan sewenang-wenang,” katanya.

Ditambahkan, pada awalnya para guru ini mengalami pencopotan jabatan dan kemudian pemberhentian atau dinon-jobkan oleh pihak YPI Al-Zaytun tanpa penjelasan, baik secara lisan maupun tertulis. Keputusan sepihak tersebut tanpa didahului Surat Peringatan (SP) 1, 2 dan 3 dan kesempatan pembelaan diri sebagaimana diatur dalam Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Ponpes Al-Zaytun pimpinan Panji Gumilang berdiri 17 tahun yang lalu. Berdiri di atas lahan seluas 1.200 hektar, pesantren ini memiliki 4.000 orang santri, 345 orang guru, dan hampir 1.000 orang karyawan. (Andi)

Check Also

siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Soal Tidak Muncul, Banyak Siswa SMK Tak Bisa Kerjakan UNBK

Edupost.id – Sejumlah siswa dari berbagai daerah di Indonesia mengeluhkan persoalan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *