Rabu , 19 September 2018
Home / Poleksosbud / Rencana Pemerintah Impor Beras Ditentang BEM SI

Rencana Pemerintah Impor Beras Ditentang BEM SI

Edupost.id – Kebijakan pemerintah Indonesia melakukan impor 500.000 ton beras di akhir Januari 2018 mendapat tentangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). BEM SI menilai, rencana impor beras di tengah kondisi menjelang panen raya di berbagai wiulang justru menunjukkan bahwa pemerintah tidak serius dalam melaksanakan program Kedaulatan Pangan Nasional.

“Kebijakan pemerintah untuk mengimpor 500.000 ton beras di akhir Januari 2018 ditengah kondisi menjelang panen raya diberbagai wilayah Indonesia justru menunjukkan bahwa Pemerintah tidak serius dalam melaksanakan program Kedaulatan Pangan Nasional dan mengkhianati janji pemerintah kepada masyarakat,” ujar Koordinator BEM SI wilayah Sumatra bagian selatan, Muhammad Fauzul Adzim.

Ditambahkan, sebelumnya Presiden Jokowi menargetkan swasembada sejumlah komoditas pangan strategis seperti padi, jagung, kedelai, dan gula bisa terlaksana dalam tiga tahun. Faktanya kebutuhan masyarakat akan ketersedian kebutuhan pangan yang murah masih belum bisa dipenuhi oleh pemerintah.

Kegagalan pemerintah di bidang pertanian dapat terlihat dari ketergantungan Indonesia terhadap impor semisal ketergantungan pada komoditas beras. Kebijakan impor beras dianggap tidak diperlukan karena tidak membantu situasi mahalnya harga beras.

“Kebijakan impor beras membuktikan Pemerintah gagal mengontrol distribusi beras, sehingga mengakibatkan kerugian bagi petani dan masyarakat,” imbuh mahasiswa yang juga Presiden Mahasiswa BEM U KBM Unila 2018 itu.

Untuk itu, BEM SI mendesak Kementerian Pertanian RI dan Kementerian Perdagangan RI segera mengkaji ulang kebijakan impor beras serta memberikan data yang valid kepada masyarakat terkait ketersediaan stok beras. Yang tidak kalah penting, menuntut pemerintah segera melaksanakan pemberantasan segala bentuk pengendalian dan permainan oleh mafia pangan yang mengakibatkan instabilitas harga beras. (Andi)

Check Also

Gubernur dan Wagub DKI Dilantik, BEM SI Tawarkan Kontrak Politik

Gubernur dan Wagub DKI Dilantik, BEM SI Minta Kontrak Politik

Edupost.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabodetabek Banten menggelar aksi Kawal Janji Gubernur Baru, Senin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=