Minggu , 22 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Sepiring Gulai Kambing di Masjid Bersejarah

Sepiring Gulai Kambing di Masjid Bersejarah

Edupost.Id, Yogyakarta – Menikmati sajian gulai kambing saat berbuka puasa bersama keluarga di rumah atau rumah makan barangkali hal yang biasa. Namun, bagaimana jika menikmati gulai kambing untuk berbuka puasa di dalam masjid bersejarah yang berusia ratusan tahun?

Setiap sore, ribuan jamaah memadati Masjid Gede Kauman. Mereka datang dari Yogyakarta dan sekitarnya untuk berkunjung sekaligus berbuka puasa di sana. Gaya arsitektural masjid yang kental dengan nuansa Kraton menjadi daya tarik tersendiri untuk para jamaah. Masjid Gedhe Kauman adalah satu-satunya masjid raya di Indonesia yang berumur lebih 200 tahun, dan menyimpan banyak potensi sejarah di dalamnya.

Jamah yang datang semakin banyak pada hari Kamis. Pada hari itu, menu buka puasa yang disediakan adalah menu spesial yang tidak disediakan tiap hari, gulai kambing. “Setiap hari Kamis panitia menyediakan Gulai Kambing sebagai menu buka puasa”, ujar Julianto Supardi, ketua panitia Ramadhan Masjid Gedhe.

Selain ngabuburit dan menikmati menu buka puasa, tidak ada salahnya bila Anda berjalan-jalan di Masjid ini sambil menikmati pesona sejarah yang ada. Masjid Gedhe Kauman dibangun Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat (penghulu kraton pertama) dan Kyai Wiryokusumo sebagai arsiteknya pada hari Ahad Wage, 29 Mei1773 M atau 6 Robi’ul Akhir 1187 H.

Bila Anda melihat bagian atap, masjid ini menggunakan sistem atap tumpang tiga dengan mustaka yang mengilustrasikan daun kluwih dan gadha. Sistem atap ini memiliki makna kesempurnaan hidup melalui tiga tahapan kehidupan manusia yaitu, Syariat, Makrifat dan Hakekat.

Pesona lain Masjid ini terletak pada beberapa keunikan. Salah satunya pemasangan batu kali putih pada dinding masjid tidak menggunakan semen dan unsure perekat lain, serta penggunaan kayu jati utuh yang telah berusia 200 tahun lebih sebagai penumpang bangunan masjid tersebut. (Andi)

Check Also

Resep Burger Mi Instan

Resep Unik, Burger Mi Instan

Edupost.ID- Jika bosan menghidangkan mi instan dalam bentuk yang biasa, coba untuk kreasikan mi instasn …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *