Kamis , 23 Maret 2017
Home / Poleksosbud / Sidang Itsbat Digelar 5 Juni Mendatang
sidang-itsbat-1436-h
Sidang Penentuan (Itsbat) Awal Ramadhan 1436 H, di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag.

Sidang Itsbat Digelar 5 Juni Mendatang

Edupost.id, Jakarta – Tak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Terkait penetapan waktu dimulainya 1 Ramadhan di Indonesia akan diputuskan melalui sidang itsbat yang akan digelar Kementerian Agama pada 5 Juni mendatang.

Sidang itsbat akan dihadiri perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Indonesia, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadlan 1437H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung usai shalat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia. (Baca : Daftar Lokasi Pengamatan Hilal Ramadhan 1437 H)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, seperti tahun lalu, proses sidang itsbat akan dilakukan secara tertutup. Menurut Menag, karena hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat adalah hasilnya, bukan perdebatannya. Jadi, biarkan suasana perdebatan menjadi panggung tersendiri.

“Perdebatan dalam isbat awal ramadlan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum khawatir justru berpotensi memunculkan salah faham,” tuturnya seperti dilansir laman resmi Kemenag.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadlan 1437 H di beberapa lokasi di seluruh provinsi Indonesia. (IK-SS)

Check Also

Siswa Madrasah

Kemenag Siapkan 36 Miliar untuk Beasiswa Santri Berprestasi

Edupost.id – Tahun ini Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran dana sebesar 36 Miliar Rupiah untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *