Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / Situs Bersejarah Turut Diburu Pecinta Batu Akik

Situs Bersejarah Turut Diburu Pecinta Batu Akik

Purbalingga- Situs-situs bersejarah di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah turut menjadi sasaran para pemburu batu akik. “Para pencari batu mengambil serpihan batu di sekitar situs,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Purbalingga, Subeno, seperti dilansir Antara.

Menurut Subeno, pemburu batu akik mengira batu rijang berwarna hijau di sekitar situs-situs bersejarah itu termasuk batu Klawing jenis nogosui atau yang dikenal dengan sebutan batu darah Kristus (Le Sang du Christ) yang memiliki nilai ekonomi tinggi.”Namun setelah mengetahui jika batu rijang tidak ada harganya, mereka mengembalikan batu-batu itu,” terangnya.

Situs bersejarah yang menjadi sasaran pemburu batu akik antara lain Situs Ponjen di Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, dan Situs Limbasari di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari.

Walau demikian, pengambilan bebatuan di sekitar situs bersejarah tidak sampai menyebabkan kerusakan situs. Namun tindakan itu tetap tidak boleh dilakukan karena situs tersebut dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Cagar Budaya.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *