Kamis , 19 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Susi Pudjiatmi: Sampaikan Illegal fishing di IPB
Susi Pudjiatmi Sampaikan Illegal fishing di IPB
Susi Pudjiatmi Sampaikan Illegal fishing di IPB

Susi Pudjiatmi: Sampaikan Illegal fishing di IPB

Edupost.id- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Susi Pudjiastuti, memberikan kuliah umum di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (13/10), dengan topik “Kedaulatan Perikanan Melalui Pemberantasan Illegal, Unreported and Unregulated Fishing”.

Susi mengatakan, “Bahwa Ilegal fishing bukan hanya mengenai penangkapan ikan secara ilegal, namun banyak hal yang terkait di dalamnya seperti perdagangan manusia, imigran, narkotika, minuman keras,  barang ilegal, satwa liar, senjata, minyak dan lain-lain yang dapat mengancam kedaulatan serta membahayakan kehidupan bangsa,” ujar Susi.

Menteri menegaskan, langkah-langkah yang sudah dilakukan pemerintah dinilainya telah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, seperti nilai Produk Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan yang mengalami kenaikan tajam dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang juga mengalami kenaikan.

Dalam kesempatan ini, menteri berharap para akademisi dapat mengkaji tentang kebijakan tersebut berdasarkan hasil riset agar dapat dijelaskan secara ilmiah dan logis. “Karena tujuan utama KKP bukan untuk memenjarakan orang namun untuk memajukan perikanan Indonesia,” tandas Susi.

Sebelumnya, Rektor IPB Prof.Dr. Herry Suhardiyanto menyampaikan bahwa dengan kekuatan sumberdaya manusia, ke depannya IPB akan terus membantu menghadirkan solusi dan inovasi untuk sektor perikanan dan kelautan saat ini. Rektor IPB yakin bahwa kerjasama IPB dan KKP yang sudah dijalankan selama ini akan semakin berkembang di masa akan datang untuk mewujudkan sektor perikanan yang berdaulat menyongsong kejayaan bangsa Indonesia sebagai negara maritim

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB dan KKP RI, The Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

(RF)

 

 

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *