Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Poleksosbud / Swasembada Beras, Impor Beras Wajib Dikurangi
Swasembada-Beras-Impor-Beras-Wajib-Dikurangi
Beras IPB 3S

Swasembada Beras, Impor Beras Wajib Dikurangi

Edupost.ID, Bogor – Swasembada beras rencananya akan diterapkan oleh pemerintah tahun ini. Konsumsi beras import harus berkurang karena kualitas beras lokal tidak kalah bagusnya dengan beras import. Namun, tidak semua masyarakat Indonesia mampu mengurangi konsumsi beras impor.

“Kalau impor sih sama sekali tidak mungkin dihentikan, tapi bisa dikurangi. Ada orang tertentu  perlu beras tertentu. Misal ada orang asing yang perlu beras thailand, maka dia harus makan beras thailand. Beras import dengan jenis tertentu tidak bisa dihilangkan. Orang high class dan asing, mereka punya uang dan tidak bisa berpaling,” ujar Yatri Indah Kusumastuti, Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB kepada Edupost.id.

Yatri menambahkan, masyarakat Indonesia lebih baik makan beras lokal. Benih padi varietas baru dari IPB yaitu IPB 3S yang diberikan pada saat pembinaan dengan para petani terbukti memiliki malai dan beras yang banyak. Selain itu beras ini juga pulen ketika dimasak.

Menurutnya, harapan presiden memang harus bisa menanam padi pada lahan seluas 100 ribu hektar. Namun, harus ada prosesnya seperti produksi benihnya harus cukup. Oleh karena itu program IPB 3S ini mendorong para pemulia untuk fokus pada memproduksi bibit terlebih dahulu. Hasil panen beras ini cukup banyak sehingga membuat para petani semangat menanam.

Para petani bisa mendistribusikan langsung hasil panenya ke masyarakat. “Bibit ini dibudidayakan bersama masyarakat umum, yang jalan juga di jaringan masyarakat umum dan bisa ditemukan di pasar,” terang Yatri.

Yatri lebih jauh menerangkan, swasembada beras yang akan diterapkan diharapkan mampu meningkatkan semangat petani dalam memproduksi padi dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Beragamnya varietas yang dimunculkan oleh peneliti di IPB juga mampu berperan dalam swasebada beras, diversitas pangan, kulinerisasi dan lain-lain. (Nisa)

Check Also

Fahutan IPB Lepas Peserta Ekspedisi Flora Fauna Indonesia

Fahutan IPB Lepas Peserta Ekspedisi Flora Fauna Indonesia

Edupost.ID- Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) melepas 73 mahasiswa dan 1 dosen pendamping Eksplorasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *