Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Poleksosbud / Tax Amnesty Harusnya Beri Dampak Positif bagi Masyarakat
Berdampak Positif bagi masyarakat
Tax Amnesty Harusnya Berdampak Positif bagi masyarakat (Foto:taxamnesty.id)

Tax Amnesty Harusnya Beri Dampak Positif bagi Masyarakat

Edupost.id – Pemerintah membuat program Tax Amnesty dengan tujuan untuk perbaikan di aspek perekonomian. Karena itu, tax amnesty harusnya memberi dampak positif bagi masyarakat.

Demikian yang disampaikan Prof. John Liberty Hutagaol,  selaku Direktur Perpajakan Internasional Ditjen Pajak Kemenkeu saat menjadi narasumber dalam seminar bertajuk “Arah Kebijakan Perpajakan Pasca Tax Amnesty” di Universitas Airlangga (Unair).

“Ini merupakan langkah konkret dari pemerintah kepada masyarakat agar Indonesia lebih siap dan mantap memasuki program pembangunan skala besar yang akan dituju,” ungkapnya.

Narasumber lainnya yang hadir dalam kesempatan itu ialah Dr Rudi Purwono selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair. Ia menjelaskan bahwa kondisi perekonomian di Indonesia saat ini penuh ketidakpastian. Imbasnya,  lembaga keuangan dunia selalu membuat proyeksi dan cepat dikoreksi. Untuk membuatnya lebih efektif, efisien, dan baik, perlu peran serta semua elemen.

“Ekonomi berjalan lebih cepat jika swasta berperan. Namun harus diiringi oleh pemerintah, agar tidak timpang,” terangnya.

Seperti diketahui, UU Pengampunan Pajak yang diajukan pemerintah sudah disahkan DPR dan berlaku sejak 1 Juli 2016 melalui UU 11/2016. Sehubungan dengan hal ini, perlu dilakukan sosialisasi terkait pemahaman teknis di masyarakat.

Tujuan Tax Amnesty sendiri adalah membawa wajib pajak yang selama ini belum patuh dan objek pajak yang belum dilaporkan ke dalam sistem administrasi pajak. Dengan demikian, kontrol pemerintah akan lebih maksimal, optimalisasi pemasukan negara dari sektor pajak pun dapat bergerak dengan maksimal. (IK-SS)

Check Also

Bem UNJ tolak Tax amnesty

BEM UNJ : Tax Amnesty Diskriminatif Bukan Pengampunan

Edupost.id- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ) menilai, program pengampunan pajak (tax amnesty) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *