Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / Wacana Penghapusan Lembaga Sensor Film, Banyak Kalangan Menolak

Wacana Penghapusan Lembaga Sensor Film, Banyak Kalangan Menolak

Jakarta- Sejumlah kalangan menolak wacana penghapusan Lembaga Sensor Film (LSF) karena dinilai mengabaikan fungsi penting lembaga sensor film dalam memfilter tayangan yang tak sehat di Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mewacanakan penghapusan Lembaga Sensor Film (LSF). Menurut Triawan, tugas mengawasi film sebaiknya diserahkan ke industri dengan memperhatikan sistem rating (peringkat).

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto termasuk yang menolak ide wacana tersebut karena menurutnya Lembaga Sensor Film (LSF) masih sangat diperlukan bagi masyarakat.

“LSF merupakan bagian dari proteksi negara untuk melindungi warganya dari tontotan yang tidak sesuai dengan standar nilai agama, ke-Indonesiaan dan kepantasan sosial. Fungsi LSF sangat penting,” tegas Susanto,

Menanggapi komentar tentang adegan film yang dipotong akan menjadi aneh, Susantio menilai, hal tersebut merupakan cara berpikir yang parsial. Setiap warga negara, lanjutnya, mempunyai hak untuk memperoleh informasi dan tontonan yang sehat.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, turut menolak ide wacana tersebut. Menurutnya, negara tidak boleh absen mengawasi adanya karya yang mengganggu harmonisasi kehidupan berbangsa.

Ia menambahkan, perfilman yang masuk dari luar negeri ke Indonesia rentan membawa paham yang bertentangan dengan nilai budaya dan agama bangsa Indonesia. “Kami tidak sepakat dengan ide itu (penghapusan LSF)” ucapnya, seperti dilansir ROL.

Dahnil mengingatkan, pemerintah telah menyampaikan Indonesia darurat pornografi sehingga tidak tepat bila menyerahkan pengawasan film-film kepada pasar. Tentu, lanjutnya, pasar lebih mengutamakan segi laku tidaknya sebuah film, bukan nilai-nilai kebudayaan dan agama yang berlaku di masyarakat.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *