Sabtu , 25 November 2017
Home / Poleksosbud / Wow! Batu Akik Indonesia Rencananya akan Diekspor

Wow! Batu Akik Indonesia Rencananya akan Diekspor

Jakarta- Melonjaknya harga batu akik yang menjadi tren sosial saat ini mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat turun tangan mengatur harga batu akik yang melonjak di pasaran, dengan mengatur standardisasi terhadap produksi batu akik. Bahkan ke depannya batu akik ini memungkinkan untuk diekspor ke luar negeri.

Kepala Disperindag Jabar, Ferry Sofwan Arief mengungkapkan, standardisasi batu akik perlu dilakukan agar tidak ada penipuan yang merugikan masyarakat. Selama ini harga batu akik ditentukan atas kesepakatan penjual dan pembeli, tidak ada patokan harga maupun kualitas. Ada batu akik yang dijual dengan harga beberapa ribu rupiah saja, namun ada juga yang harganya sangat mahal, hingga miliaran rupiah.

Ferry menyebutkan, pihaknya juga akan meningkatkan ekspor batu akik ke mancanegara agar mampu bersaing dengan produk luar negeri lainnya. Selama ini, lanjutnya, banyak batu akik yang masuk ke Indonesia diberiharga yang cukup mahal. “Kami akan membangkitkan ekspor, asal standarisasi batu akik di sini ditetapkan dahulu,” tandasnya, seperti dilansir Tempo.

Hal senada juga diungkapkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang mulai melirik baru akik sebagai produk yang mampu menambah ragam ekspor Indonesia. Bahkan, batu akik diyakini akan mampu meningkatkan devisa perdagangan nasional.

“Sepanjang itu diolah dari tambang yang legal, maka akan kita ekspor apalagi ada nilai tambahnya, karena akan meningkatkan devisa,” papar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Partogi Pangaribuan di Kantor Kemendag beberapa waktu lalu.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *