Selasa , 25 April 2017
Home / Prestasi Pemuda / Aditya Putra, Raih Gelar Juara Dunia lewat Balap Sepeda
Aditya Putra balap sepeda
Aditya Putra, Juara Dunia Balap Sepeda (foto: Andi Edupost)

Aditya Putra, Raih Gelar Juara Dunia lewat Balap Sepeda

Edupost.ID, Sleman – Menjadi juara dunia barangkali menjadi impian setiap orang. Namun, tidak banyak yang mampu mengubah mimpi itu menjadi nyata. Aditya Putra Pratama adalah salah satu anak muda yang mampu mewujudkan mimpi menjadi juara dunia. Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Mugadeta) ini berhasil membawa pulang medali perak pada kejuaraan balap sepeda internasional, Banyuwangi International BMX 2016.

Pada kejuaraan ini, Putra, panggilan Aditya Putra Pratama, turun pada kelas Challenge Boy 13-14 tahun. “Seneng, bangga!” begitu kata Putra mengawali ceritanya kepada Edupost.id, di sekolahnya, komplek Kolombo Sleman.

Putra sulung pasangan Sriyanto dan Yanti Kusumaningrum ini mengaku, sudah sejak lama tertarik pada dunia balap sepeda. Keikutsertaannya dalam kejuaraan internasional ini didorong oleh ketertarikannya yang amat besar dengan balapan sepeda. Putra mengaku, keikutsertaannya kali ini atas inisiatif sendiri. Ketika teman-teman dan orang tuanya memberikan informasi adanya kejuaraan ini, tak ragu lagi, Putrapun langsung mendaftar. Melihat semangat siswanya, pihak sekolah juga tak ragu memfasilitasi.

Bukan kali ini saja Putra menuai prestasi dalam olahraga bersepeda. Pada kejuaraan sebelumnya, remaja kelahiran Sleman 5 Oktober 2003 ini tak sedikit berhasil memboyong piala. Pada tahun 2015, Putra berhasil menyabet juara pada tiga kejuaraan. Ia meraih juara 1 Thrill Indonesia National Series BMX Super League kategori Youth A, juara 1 Liga Pelajar Tingkat Nasional 2015, juga juara 1 Kendal BMX Open Tingkat Provinsi tahun 2015.

Pada tahun 2016, ia kembali memenangkan berbagai kejuaraan. Pada ajang BMX Jogja Bike Racing Open tingkat nasional 2016, ia berhasil menyabet juara pertama. Tak berhenti sampai di sini, ia juga mengikuti ajang Sumedang BMX Open tingkat Provinsi tahun 2016, dan berhasil meraih juara 3. Kemudian, pada POPDA Kabupaten Sleman tahun 2016, ia meraih juara umum 2.

Berbekal latihan selama satu minggu, Putra menunjukkan kualitasnya dengan membawa pulang medali perak pada Banyuwangi International BMX 2016. Pada perhelatan yang diikuti 40 negara itu Putra mengaku memiliki rasa percaya diri untuk mengatasi lawan-lawannya. Namun, ia juga tidak menampik bahwa pesaingnya memang tak boleh disepelekan.

“Harus banyak latihan, dan punya rasa percaya diri,” pesan Putra untuk semua remaja Indonesia yang ingin mengikuti jejaknya menuai prestasi. (Andi)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *