Jumat , 26 Mei 2017
Home / Prestasi Pemuda / Aulia Rizka, Menari Jadi Jalan Menuju Mapres Utama UGM
Aulia Rizka mapres ugm
Aulia Rizka Mapres UGM

Aulia Rizka, Menari Jadi Jalan Menuju Mapres Utama UGM

Edupost.id, Yogyakarta- “Menurut saya, menari itu bukan hanya bentuk mengekspresikan diri, tetapi menari itu adalah proses penentraman jiwa. Ketika menari, jiwa saya merasa nyaman dan tenang,” demikian dikatakan Aulia Rizka Setiarto, mahasiswi prodi Kepariwisataan Sekolah Vokasi UGM. Menurut Aulia, menari adalah kehidupannya, dunianya, dan kebahagiaannya.

Aulia yakin, jika ia telah tertarik dengan sesuatu, ia harus terus menekuni hal yang disukainya. Hal ini tentunya juga berlaku dalam hal menari. Kecintaannya dalam dunia tari membuat ia terus menekuni dunia tari.

Ketekunannya dalam menggeluti tari ternyata telah membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Salah satunya, ia dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Sekolah Vokasi UGM tahun 2016. Ia berhasil menyisihkan 40 pesaingnya dalam pemilihan Mapres UGM tahun ini.

Dalam seleksi mapres tahun ini, Aulia membuat karya tulis tentang Kampung Tari Nusantara. Program ini berupa event pariwisata berbasis edukasi seni budaya. “Intinya bisa memfasilitasi orang-orang yang mau belajar tari tradisional Indonesia dan menghilangkan mindset kalau belajar tari tradisional Indonesia itu hal yang sulit,” ujarnya menjelaskan.

Alumni SMA Koperasi Bekasi ini mengaku tak pernah menyangka akan dinobatkan sebagai mapres utama UGM tahun ini. “Saya tidak pernah kepikiran kalau mau jadi mapres,” ujar mahasiswi asal Bekasi ini. Ia bahkan tak pernah memiliki niatan untuk mengikuti seleksi Mapres UGM 2016. Ia mengikuti seleksi hanya karena dorongan oleh Prodi. Namun, keberuntungan memang berpihak kepadanya.

Dinobatkan sebagai mapres utama telah menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi dara cantik kelahiran Klaten, 29 September 1996 itu. Baginya, dengan menjadi mapres utama UGM, tanggung jawab besar telah menanti. Ia harus mengemban amanat untuk mewakili kampusnya dan mempersembahkan perjuangan terbaiknya dalam pemilihan mahasiswa berprestasi nasional tahun ini.

Selain dinobatkan menjadi mapres UGM tahun ini, mahasiswi berjilbab ini juga mengaku memiliki banyak prestasi lain di bidang tari. Serangkaian prestasi internasional telah ia raih. Prestasi internasional yang pernah diraih diantaranya SV-UGM-CDTC Student Exchange Program tahun 2015, peragaan busana pakaian adat Indonesia untuk West Village Design Festival di Sichuan China 2015, Penari Sendratari Roro Jonggrang di Tourism Anniversary Festival 2015, serta Tari Nusantara di Welcoming Party for The Freshman of Chongdu Textile College China 2015.

Selain prestasi internasional, putri pasangan Yudi Setiarto dan Sri Wijayanti ini juga memiliki prestasi tingkat prodi hingga nasional. Aulia pernah menjadi Diajeng Keluarga Mahasiswa Diploma Pariwisata 2014, juga meraih juara pertama LombaTari Tradisional Kreasi Baru di POV & VAF SV UGM 2015. Pada tahun 2014 Aulia menjadi peserta Kirab dan Penari di Festival Pengi Budaya Sleman.

Perjalanan hidup Aulia menjadi bukti nyata, bahwa apapun bidang yang disukai, selama ditekuni dengan baik akan membuka jalan kesuksesan. Seperti katanya, “Ketika suka dengan sesuatu harus menekuni itu supaya bisa berkembang dan bisa jadi prestasi.”(Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *