Rabu , 25 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Baim dan Kamila Siap Wakili DIY di KSM Nasional
Baim-dan-Kamila-Siap-Wakili-DIY-di-KSM-Nasional
Baim dan Kamila. (Foto: andi)

Baim dan Kamila Siap Wakili DIY di KSM Nasional

Edupost.id – Nabani Ibrahim dan Kamilatul Fadillah, dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 akan mewakili DIY dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2016 di Pontianak pada 22 – 16 Agustus mendatang. Keduanya meraih tiket ke tingkat nasional setelah berhasil meraih medali emas di KSM tingkat DIY.

Baim, panggilan akrab Nabani Ibrahim, mengungkapkan rasa syukurnya bisa lolos ke tingkat nasional. Setelah berulang kali gagal menjadi juara pada berbagai kompetisi, akhirnya ia berhasil menyabet emas di KSM DIY. Siswa kelas XII IPA 3 ini meraih emas pada mapel Biologi.

“Saya anak asrama, banyak godaan teman waktu belajar,” ungkapnya. Kegiatan yang padat di asrama, ditambah padatnya tugas sekolah membuat putra ke dua dari tujuh bersaudara ini harus pandai-pandai mengatur waktu. Pengalaman gagal dalam kompetisi membuat Baim banyak belajar sekaligus termotivasi untuk menjadi juara. Pelajar kelahiran Mojokerto, 6 Maret 1999 ini mengaku sempat lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) DIY tahun ini. Namun, sayangnya Baim belum bisa lolos ke tingkat nasional.

Sementara itu, Kamilatul Fadilah mengatakan, keinginannya membahagiakan orang tua yang tinggal di Bengkulu membuat siswa kelas XI IPS 2 ini sukses mengalungi medali emas untuk bidang Ekonomi di KSM DIY. Putri bungsu tiga bersaudara ini memang harus tinggal berjauhan sejak memutuskan malanjutkan pendidikan di MAN Yogyakarta 1. “Orang tua di Bengkulu. Orang tua minta saya sekolah SMA di Jogja biar mandiri,” ujar Kamila.

Bagi gadis kelahiran Bengkulu, 20 Oktober 2000 ini, KSM menjadi ajang kompetisi pertama kalinya selama belajar di MAN, sekaligus medali emas pertama yang ia raih. Sebelumnya, ketika masih belajar di MTsN 1 Bengkulu, ia mengaku pernah mengikuti kompetisi matematika meskipun gagal meraih juara.

Kesempatan lolos ke tingkat nasional tidak disia-siakan oleh Baim dan Kamila. Dua siswa kebanggaan MAN Yogyaskarta 1 ini bertekad meraih hasil maksimal dalam kompetisi antar madrasah se-Indonesia itu. “Pingine overall,” kata Baim yang juga diamini oleh Kamila. Overall berarti sukses menjadi juara pada seluruh kategori yang dilombakan.

Untuk mewujudkan target itu, baik Baim maupun Kamila menyatakan siap berjuang maksimal. Segala daya dan upaya akan dikeluarkan demi membawa pulang medali emas dari Pontianak. (Andi)

Check Also

siswa MAN Wonokromo Bantul juarai olimpiade matematika

Siswa MAN Kalahkan Peserta SMA dalam Olimpiade Matematika

Edupost.id –Setelah mampu menjadi juara II olimpiade matematika internasional, Kholida Nailul Muna kembali mengukir prestasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *