Rabu , 23 Mei 2018
Home / Prestasi Pemuda / Cuma Belajar dengan Ayah, Siswa Ini Siap Berlaga di MTQ Nasional
Zulfikar Ezzat siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Maju MTQ Nasional
Zulfikar Ezzat siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Maju MTQ Nasional

Cuma Belajar dengan Ayah, Siswa Ini Siap Berlaga di MTQ Nasional

Edupost.id – Zulfikar Ezzat tak pernah menyangka jika keputusannya menekuni seni membaca Al Quran pada akhirnya membawa hasil yang membanggakan. Siswa kelas X IPA 3 MAN 1 Yogyakarta ini terpilih akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional 2018 di Medan.

“Sebenarnya awalnya hanya disuruh Abi untuk belajar tilawah waktu SD. Waktu itu sebenarnya memang tidak terlalu tertarik dengan tilawah, ” ujar Ezza ketika dijumpai di sekolahnya.

Namun, tak disangka perintah orangtuanya itu ternyata justru membuka ketertarikan Ezza pada dunia tilawah. Tak berpikir panjang, akhirnya Ezza mulai bersemangat berlatih.

“Saya hanya berlatih dengan Abi di rumah. Kebetulan Abi memang bisa, ” katanya.

Ayahnya yang seorang dosen di Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu akhirnya menjadi pelatih Ezza. Dari situlah akhirnya siswa kelahiran Sleman 27 Desember 2001 itu mulai panen prestasi di bidang Tilawatil Quran. Saat di SD ia banyak meraih juara nasional.

“Saat mengikuti lomba saya niatkan untuk mengembangkan kemampuan saya di bidang Tilawatil Quran. Saya tidak mementingkan hasilnya,” ujar Qori muda yang mengidolakan Muamar ZA itu.

Lulus dari SD Salman al Farizi, Ezza kemudian melanjutkan pendidikan ke SMP Boarding Ibnu Abbas Klaten. Ia membawa misi untuk lebih mengasah keterampilan di bidang Tilawatil Quran. Terbukti, serangkaian prestasi berhasil ia raih.

“Juara 1 Mapsi Jawa Tengah jenjang SMP, Juara 2 FLS2N Jawa Tengah, juara 2 MTQ Pelajar Jawa Tengah,” katanya menyebutkan rentetan prestasinya selama SMP.

Setelah melanjutkan pendidikan ke MAN 1 Yogyakarta, prestasinya tetap tak surut. Putra pasangan Muhammad Nur dan Husniah ini meraih juara 1 MTQ DIY 2018, dan meraih tiket menuju MTQ Nasional di Medan. Terakhir, Ezza meraih juara 2 di ajang Lomba MTQ di Universitas Aisyiah Yogyakarta (Unisa) tingkat Jateng DIY.

“Intinya semua orang pasti bisa, yang pnting terus latihan,” pungkasnya.

Check Also

MAN Yogyakarta 1

UNBK di Sekolah Ini Menyenangkan, Ada Ruang Transitnya

Edupost.id – Seluruh siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) MAN 1 Yogyakarta disediakan ruang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=