Jumat , 20 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Derra, Anak Buruh Bangunan Peraih UN SMP Terbaik
Derra-un-terbaik-diy
Derra Peraih UN terbaik DIY (foto: Andi Edupost)

Derra, Anak Buruh Bangunan Peraih UN SMP Terbaik

Edupost.id, Yogyakarta – Derra Nur Anggraeni tampaknya memang layak disebut siswa inspiratif. Siswa SMPN 10 Yogyakarta ini menjadi peraih nilai Ujian Nasional (UN) SMP terbaik DIY. Keberhasilannya telah membuka mata kita, usaha yang kuat dapat mengantarkan seseorang menuju keberhasilan.

Derra mengaku selalu rutin belajar tiap harinya. “Saya belajar tiap hari jam 7-9 malam, dan setelah sholat tahajud sampai subuh,” ungkap Derra ketika ditemui di sekolahnya sebelum pembagian pengumuman kelulusan, Sabtu (11/6).

Dara kelahiran Bantul, 18. Agustus 2001 ini mengatakan, untuk menuju kesuksesan memang dibutuhkan usaha keras. Dan tentunya, usaha itu harus pula diiringi doa. Usaha dengan rutin belajar, sedangkan doa dipanjatkan lewat sholat tahajud.

Baca juga: Derra, Peraih Nilai UN SMP Tertinggi DIY

Putri ke dua dari tiga bersaudara ini mengaku tak pernah menyangka sebelumnya kalau dirinya akan meraih nilai tertinggi di DIY dalam UN SMP tahun ini. Keberhasilan ini ia terima dengan penuh syukur.

Siswa yang tinggal di Gandok, Sewon, Bantul ini mengaku setiap harinya harus mengayuh sepeda menuju ke sekolahnya. Rumahnya yang berjarak 4 km dari sekolah harus ia tempuh dengan sepeda. Meski harus mengayuh sepeda tiap hari, semangat untuk belajar tak pernah padam. Ini dilakukan demi mengejar cita-cita menjadi dosen.

Keberhasilannya di jenjang SMP telah memuluskan langkah awal menggapai cita-citanya. Langkah selanjutnya, ia akan melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Yogyakarta.

“Derra sejak SD selalu dapat ranking 1. Dia selalu belajar tanpa harus disuruh,” ungkap Nuryanto Basuki (47), ayahanda Derra ketika mendampingi putri tercintanya itu.

Nuryanto pun sangat bersyukur dan bangga atas prestasi putrinya. Meskipun ia hanya seorang buruh bangunan, ia bisa memiliki putri yang berprestasi.

Nuryanto mengaku siap mendukung keseriusan putrinya itu untuk melanjutkan pendidikan. Baginya, sebuah kebahagiaan jika putrinya itu mampu mewujudkan cita-cita. (Andi)

Baca juga : Sosok di Balik Peraih Nilai UN SMP Tertinggi IY 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *