Rabu , 18 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Dianita Ardi, Peraih Nilai UN IPS Tertinggi se-DIY

Dianita Ardi, Peraih Nilai UN IPS Tertinggi se-DIY

Edupost.ID, Yogyakarta – Dianita Ardi (18), tidak menyangka dirinyalah yang meraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mata pelajaran IPS. Nilai rata-ratanya 544,2 dengan rincian nilai Bahasa Indonesia 95,9; Bahasa Inggris 88,0; Matematika 95,0; Ekonomi 87,5; Sosiologi 87,8, dan Geografi 90,0.

Ternyata mata pelajaran yang tidak ia sukai mendapat nilai cukup tinggi, sedangkan mata pelajaran yang ia sukai justru nilainya sedikit. Nita suka Ekonomi dan Sosiologi. Ketika melihat nilainya untuk pertama kali, Nita terlihat takjub. Hampir tak percaya nilai matematika yang diperolehnya 95.

Try Out (TO) yang diadakan beberapa kali tidak memperlihatkan bahwa dia berpotensi meraih nilai tertinggi. Bahkan kepala sekolah juga tidak menyangka akan ada salah satu siswanya yang menjadi peraih nilai UN tertinggi se-DIY.

Peraih nilai UN tertinggi ini ternyata pernah mewakili sekolahnya untuk Olimpiade Pasar Modal. Nita bercerita, ia pernah ke Jakarta untuk mengikuti olimpiade. Selain itu, Nita ranking 1 paralel sejak kelas XI.

Anak bungsu dari dua bersaudara ini merupakan siswa dari Sekolah Afeksi, SMAN 5 Yogyakarta. Kemarin ia duduk di kelas XII IPS 1. Nita mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda. “Malah kebanyakan aku kalau belajar sambil apa, kayak multitasking gitu,” kata Nita. Baginya, harus ada hal lain yang dikerjakan sambil belajar. Misalnya belajar sambil makan camilan, mendengarkan musik, atau sambil nonton televisi. Selain itu, ia menepati target hidup yang dibuatnya. Target-targetnya ditulis dan ditempel di dinding kamar.

Sepulang sekolah, gadis kelahiran 14 Maret 1997 ini biasanya belajar di bimbel. Pada malam harinya ia mengulang di rumah. Bagi Nita, belajar bukan tuntutan dari orang tua. Ia sadar bahwa belajar adalah kebutuhan. Hal ini menjadi semakin baik dengan sikap orang tua yang tidak memaksa Nita untuk meraih nilai tertentu.

Nita menempuh lebih dari 20 km untuk sampai ke sekolahnya. Jika berangkat di pagi hari, ia bisa menyelesaikannya dalam 20 menit dengan motor. Kadang ia berangkat pukul 6 pagi, kadang lebih pagi. Paling lambat ia harus ada di sekolah pukul 06.25 WIB, karena ada pendalaman materi.

Gadis berwajah oval manis dan murah senyum ini, sangat bahagia karena mimpinya terwujud. Nita akan melanjutkan pendidikannya di Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada lewat jalur SNMPTN. Setelah menerima pengumuman kelulusan, Jumat (15/5), ia segera mencari surat keterangan dari sekolah untuk melengkapi administrasi.  (Nurfi)

Check Also

sman-1-yogyakarta-unbk

UNBK 2017, Hanya Ada Soal Wajib dan Soal Pilihan

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan, saat Ujian …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *