Rabu , 18 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Eva Veedya Menunda Skripsi 3 Bulan Untuk Beasiswa (Bagian 1)

Eva Veedya Menunda Skripsi 3 Bulan Untuk Beasiswa (Bagian 1)

Edupost.ID, Yogyakarta – “Jika kau punya mimpi ke luar negeri maka buatlah passport sekarang juga,” kata Anies Baswedan. Kalimat yang disampaikan menteri pendidikan itu semakin memantapkan langkah Rr. Pramesti Vidya Bhakti Eva dalam meraih mimpinya. Tahun 2014, beberapa waktu sebelum Eva mendengar pernyataan itu, dia menulis mimpi ‘ke luar negeri, dibiayai, dan berstatus mahasiswa’.

Tepat tanggal 22 Mei 2014 Eva telah mempunyai sebuah passpor. Hanya membuat paspor, tanpa tahu tujuan dan kapan akan dia gunakan. Wanita jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) ini kemudian berusaha memperdalam Bahasa Inggris, bekalnya untuk keluar negeri. Program ekstensi Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma ia ikuti. Kendati demikian, Eva merasa belum maksimal, karena harus berbagi waktu KKN dan kuliah waktu itu.

“Selama itu juga saya selalu mencoba kegiatan dan lomba yang diadakan di luar negeri seperti konferensi, seminar, lomba essay internasional, camp, dan exchange. Namun semuanya gagal,” Ungkap Eva.

Tak patah semangat, wanita semester 8 ini terus berdo’a selepas shalat sambil memandangi passpornya yang tak berisi. Berharap suatu saat mimpinya terkabul. Itu artinya harus tercapai sebelum lulus.

Suatu hari, di awal Februari 2015, Eva mendapat sms yang berbunyi, reminder PPM-LN singapura paling lambat hari ini jam 15.00. Tadinya Eva ragu dan mempertanyakan program apa itu. Eva belum pernah mendengar sebelumnya belum ada persiapan untuk itu, dan deadline (tenggat waktu) tinggal beberapa jam. Karena penasaran, Eva iseng membuka website informasi beasiswa itu. Didapatinya website UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).

Bagaimana kisah Eva selanjutnya? Apakah Eva berhasil mendapatkan beasiswa ke luar negeri?

-bersambung- (Nurfi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *