Jumat , 20 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Firmansyah, Pelajar Organisatoris Peraih ISA 2015

Firmansyah, Pelajar Organisatoris Peraih ISA 2015

Edupost.ID, Bogor – Mendapatkan penghargaan dari Edupost sebagai Pelajar Inspiratif 2015 dalam ajang bergengsi Inspiring Students Award (ISA) 2015, menjadi hal yang tak terduga bagi Firmansyah Maulana Anugrah. Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor, kelas 11 IPS ini dianugerahi sebagai Young Leader, Lead to Change.

Sisswa yang kini menjabat sebagai Ketua Forum Rohis Nusantara (FORNUSA) Pusat ini sempat terkejut ketika tahu dirinya terpilih menjadi salah satu pelajar inspiratif. “Saya sempat syok, kaget, gak nyangka karena tiba-tiba saya mendapatkan penghargaan ini,” ujar Firmansyah kepada Edupost.ID.

Firmansyah mendedikasikan penghargaan ini untuk kedua orangtuanya. Meskipun ia belum sempat memberitahukan kabar bahagia ini kepada orangtuanya di rumah karena ia tidak tinggal satu rumah dengan kedua orangtuanya.

Segudang prestasi baik akademik maupun non akademik sudah ditorehkan Firman sejak duduk di bangku sekolah dasar seperti Peraih Nilai UN Tertinggi SD Negeri Cisarua 03, Ketua OSIS SMPN 1 Megamendung  Juara 2 Da’I Muda Camp Dai Muda 3 NFBS di Lembang Tingkat Nasional tahun 2014 dan Mentor ROHIS sebaya Terbaik MGMP PAI Kabupaten Bogor.

Bakat pemimpin yang dimiliki oleh Firmansyah menjadikannya ditunjuk sebagai ketua di seluruh organisasi yang ia ikuti. Diantaranya sebagai Ketua dan Penggagas MGM 1 Theater, Ketua dan Pendiri Forum Rohis SMP Se-Cisarua-Megamendung, Ketua MPK MAN 2 Kota Bogor, Ketua dan Pendiri Yomoco (Komunitas mentoring) MAN 2 Bogor, Ketua Jaringan Sekolah Pusat One Day One Juz Indonesia, Ketua Aliansi Remaja Peduli Nasional, Ketua Bagian Dakwah Remaja Masjid At-Taqwa Balaikota Bogor dan Ketua Dewan Penasihat OSIS/MPK MAN 2 Kota Bogor.

“Ada beberapa tokoh yang menginspirasi bagi saya seperti penulis buku Buya Hamka dan Habiburrahman El-Shirazy, ustad Salim A. Fillah dan presiden Turki yang sebelumnya Recep Tayyip Erdo?an”, tambah Firmansyah.

Bagi siswa kelahiran 18 November 1997 ini ada sebuah pesan terakhir yang disampaikan oleh almarhumah gurunya yang selalu diingat bahwa ia tidak boleh menyerah dan harus menjadi seseorang yang amanah.

Firmansyah bertekad untuk menjadi seseorang yang mampu memajukan pendidikan dengan mengembangkan karakter para generasi muda. Ia memandang pendidikan di Indonesia dalam segi pendidikan karakter masih kurang bagus, namun dalam segi pendidikan wawasan sudah bagus.

“Jika sudah dewasa saya bercita-cita ingin mengembangkan SDM di negeri ini. Ketika saya bertanya kepada teman-teman mau jadi apa mereka kelak, mereka seperti kehilangan ruh dan belum memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas. Saya juga ingin menjadi gubernur dan Menteri SDM. Kemudian saya juga akan mendirikan sekolah Islam,” ujar Firmansyah.  (Nisa)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *