Sabtu , 25 November 2017
Home / Prestasi Pemuda / Habibi Kembangkan Cakra, Aplikasi Terapis untuk Anak Autis

Habibi Kembangkan Cakra, Aplikasi Terapis untuk Anak Autis

SURABAYA – Angka penderita autis di kalangan anak-anak, terutama dari keluarga kurang mampu terus meningkat. Hal ini yang mendorong Muhammad Rizky Habibi, alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), mengembangkan Cakra, aplikasi terapis untuk penderita autis.

“Rata-rata anak autis yang terlahir di Indonesia bukan berasal dari keluarga yang mampu,” jelasnya.

Penemuan Habibi ini juga pernah menjadi juara dua kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di Jakarta beberapa waktu lalu untuk katagori Mandiri Young Technopreneur.

“Sejak tahun 2011 saya terus kembangkan aplikasi ini,” ujar Habibi.

Semula, Cakra hanya beriisi 20 macam terapi dengan empat jenis laporan mengenai diagnosis kondisi penderita. Namun, saat ini jumlah terapi yang terpasang di aplikasi ini sebanyak 137 jenis.

“Beragamnya jenis aplikasi terapi yang kami berikan ini dapat membantu penyembuhan penderita autis,” jelas Habibi.

Dalam aplikasi ini terdapat dua jenis alat yang dipakai. Pertama adalah proton, alat ini berfungsi sebagai terapi okupasi dan reseptif. Sedangkan alat yang kedua adalah kinect yang berfungsi untuk terapi motorik penderita.

Selain itu, Habibi juga menanamkan tiga fitur utama berupa evaluasi, terapi, dan laporan. “Fitur ini yang membuat Cakra mampu menyaingi aplikasi permainan autis AHADA,” ulasnya.

Dalam pengembangan aplikasi ini Habibi berkerjasama dengan salah satu tempat terapis autis di Surabaya, Cakra Autism Center. “Tempat ini telah menggunakan aplikasi Cakra dalam proses terapinya,” pungkasnya.

Habibie melihat Cakra memiliki potensi besar untuk dikomersilkan. Karena itu, ia berniat memasarkan hasil penemuannya ini, namun dengan harga yang terjangkau. (ITS/IK-LL)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *