Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Prestasi Pemuda / Haikal Wakili Indonesia di Kejuaraan Debat Internasional 2015

Haikal Wakili Indonesia di Kejuaraan Debat Internasional 2015

Edupost.ID – Muhammad Haikal Satria, siswa kelas XI SMA N 8 Yogyakarta, Juli mendatang akan terbang ke Singapura. Bersama dengan tiga orang pelajar lainnya dari Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Jawa Barat akan mengemban amanat bangsa guna mengharumkan nama bangsa di kancah internasional melalui World Schools Debating Championship (WSDC) 2015.

Cukup panjang jalan yang harus dilaluinya untuk sampai ke tahap ini. “Awalnya benar–benar nggak nyangka bisa sampai ke internasional,” ujar Haikal ketika ditemui Edupost.ID di sekolahnya, Sabtu (20/6) pagi.

Menurut Haikal, dirinya telah melalui serangkaian seleksi mulai tingkat Kota Yogyakarta, Propinsi DIY, hingga nasional. “Saya bersama dua teman lainnya dari SMA 8 menang di tingkat Kota Yogyakarta. Selain itu, saya bersama Ghazi Wira Sumahita (Siswa SMA N 8 Yogyakarta) juga menjadi best speaker tingkat Kota Yogyakarta,” kata Haikal.  Setelah itu, para best speaker dari seluruh DIY diseleksi kembali untuk dipilih menjadi tim DIY untuk melaju ke tingkat nasional.

Bagi Haikal, bahasa Inggris bukanlah sebuah bahasa asing, karena dirinya dilahirkan di Canbera, Australia, 28 April 1999 lalu. Selain di negeri Kanguru, Ia juga menghabiskan masa kecilnya di Amerika Serikat dan memulai pendidikan formalnya di Hendstort Kindergarten, Michigan Amerika Serikat.

Belum lulus sekolah di sana, Haikal harus hijrah ke Indonesia dan melanjutkan pendidikan di SDIT Salman Al Farizi. Pendidikan formalnya di Indonesia dilanjutkan di SMPIT Abu Bakar, hingga kemudian melanjutkan ke SMAN 8 Yogyakarta.

Ternyata, pada awal hidup di Indonesia Haikal tidak dapat berbahasa Indonesia. “Saya sering di olok-olok teman-teman karena nggak bisa Bahasa Indonesia,” katanya. Ia mengaku, baru lancar berbahasa Indonesia setelah kelas 6 SD. “Bagi saya bahasa Inggris adalah bahasa ibu,” akunya.

Sejumlah prestasi telah menghiasi sejarah hidup Haikal. Dalam ajang NSDC 2015, ia sukses mengantarkan tim DIY menjadi juara pertama. Selain itu, pada ajang yang sama ia didaulat menjadi 3rd Best Speaker. Ia juga menjadi juara pertama LDBI tahun 2014. Dan tentunya ia akan menjadi tim nasional WSDC 2015 di Singapura.

Ditanya tentang kesiapannya berangkat ke Singapura, Haikal dengan tegas mengatakan siap. Ia juga bertekad untuk bersungguh-sungguh berjuang demi membahagiakan orang tua, sekolah, dan Yogyakarta. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *