Kamis , 14 Desember 2017
Home / Prestasi Pemuda / Hebat! Pemuda ini Raih Gelar Sarjana dengan Memulung Sejak SD

Hebat! Pemuda ini Raih Gelar Sarjana dengan Memulung Sejak SD

Jakarta- Semangat pemuda satu ini pantas menjadi motivator bagi kita. Wahyudin (21), yang sering dipanggil ‘Mas Ganteng’ ini memulung sampah sejak SD. Hasil dari memulung itu dia gunakan untuk sekolah dari SD hingga kuliah.

Wahyudin yang tinggal bersama orang tuanya di Kampung Kalimanggis, Bekasi, Jawa Barat ini bercerita, “Awalnya ketika saya kelas 4 SD, saya mulai merasa tidak mungkin bisa sekolah sampai SMP”.

Wahyu adalah sulung dari 3 bersaudara. Ayah dan ibu Wahyu adalah petani yang menggarap lahan kosong milik orang lain. Dengan kondisi itu, bagi orang tuanya sekolah tidak menjadi prioritas. Saat kelas 4 SD, Wahyu mulai khawatir tidak bisa sekolah.

Suatu hari ia bermain ke rumah tetangganya yang berprofesi sebagai pemulung di kampungnya. Karena keinginannya yang kuat untuk membiayai sekolah, Wahyu pun ikut menjadi pemulung pada tetangganya itu.

Selama 10 tahun, Wahyu memulung mulai dari jam 1 malam hingga pagi waktunya sekolah. Kemudian memulung lagi dari jam 22.00 hingga pukul 02.00 dini hari. Sebagian dari uang hasil memulung digunakannya untuk membeli beberapa ekor anak ayam. “Anak ayam itu saya ternakkan, kemudian ditabung. Terkumpul sekitar satu jutaan rupiah buat saya masuk sekolah SMPN 28 Bekasi,” ucapnya.

Saat SMP ia masih terus memulung untuk uang jajan dan membayar SPP sekolah. Nenek Wahyu pernah memberinya sepasang anak kambing untuk diternakkan. Hasilnya ia gunakan untuk uang masuk sekolah ke SMA 7 Bekasi. Selain itu, Wahyu juga sempat berjualan gorengan.

Hingga kini, Wahyu masih terus memulung untuk meneruskan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka). Beruntung, dia mendapatkan beasiswa dari kampus dan Disdik DKI sehingga meringankan biaya kuliahnya.

Kini Wahyu sudah sidang skripsi yang berjudul “Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bekasi’. Rencananya ia akan diwisuda pada Desember 2013.

“Aku berencana melanjutkan studiku ke S2. Bukan hal yang mudah memang. Itu perjuangan besar,” tutur Wahyu yang akan terus memulung hingga kelar S2 dan ingin menjadi pengusaha di bidang peternakan ini. (Edu)

Check Also

Tahun 2018 Semua Sekolah Harus Terapkan Kurikulum 2013

Edupost.id – Pada tahun 2018 semua sekolah di Indonesia sudah harus menerapkan Kurikulum 2013. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *