Rabu , 26 Juli 2017
Home / Prestasi Pemuda / Hilmy Juara KSM: Uangnya untuk Beli Motor

Hilmy Juara KSM: Uangnya untuk Beli Motor

Edupost.ID – Hilmy Al Ghifari, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 3 ini telah kembali ke Yogyakarta membawa medali emas dan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Ia menjadi juara pertama dalam kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015 bidang Geografi MA di Palembang 3-7 Agustus lalu. Ia juga dianugerahi predikat The Best Teory, The Best Overral, dan peraih medali emas.

Ditemui EDupost.ID di sekolahnya, dengan wajah sumringah ia bercerita tentang perjalanan hidupnya hingga menjadi juara KSM. Pelajar  kelahiran Purbalingga, 5 Oktober 1998 ini mengatakan, ia melaju ke KSM nasional setelah mengikuti pembinaan Olimpiade Geografi yang diadakan sekolahnya. Awalnya ia sama sekali tidak tertarik untuk mengikuti pembinan bidang Geografi.

“Saya selalu dipaksa oleh guru saya untuk masuk geografi. Saya tidak tertarik. Tapi karena nilai saya pada pelajaran geografi selalu bagus, akhirnya saya juga tidak punya alasan lain untuk menolak,” kata Hilmy.

Masuknya Hilmy ke pembinaan olimpiade geografi ternyata tidak sia-sia. Ia berhasil menjadi juara Olimpiade Sains Kabupaten Sleman cabang Geografi tahun ini. Ia akhirnya melaju ke tingkat propinsi mewakili Kabupaten Sleman. Namun, nasib baik belum berpihak kepadanya saat itu. Ia tak mampu menjadi juara di tingkat propinsi.

Kegagalan itu tak menyurutkan semangatnya. Perjuangannya terus berlanjut, hingga akhirnya ia dipilih sekolahnya untuk mengikuti KSM propinsi DIY. Akhirnya, sebuah medali emas berhasil ia bawa pulang. Medali itu juga sebagai tiket untuk mengikuti KSM nasional tahun ini. Hingga akhirnya, ia mampu menyumbangkan medali emas.

Berkat keberhasilannya itu, ia dihadiahi uang pembinaan dalam jumlah besar. Uang itu, menurutnya, akan ia gunakan untuk membeli sepeda motor. “Mau buat beli motor. Motor yang biasa saya pakai kan motor ibu. Kalau saya bawa motor itu, kasihan ibu kalau mau pergi,” katanya.

Diakui Hilmy, masih ada cita-cita yang hendak ia capai. “Saya ingin memperoleh medali emas dalam OSN tahun depan,” katanya. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *