Minggu , 11 Desember 2016
Home / Prestasi Pemuda / Hobi Modifikasi Gerobak Sapi Berbuah Juara
Hobi Modifikasi Gerobak Sapi Berbuah Juara
Hobi Modifikasi Gerobak Sapi Berbuah Juara

Hobi Modifikasi Gerobak Sapi Berbuah Juara

Edupost.ID – Bagi sebagian orang, khususnya remaja, gerobak sapi dianggap sebagai kendaraan kuno yang tak lagi menarik. Namun, bagi Adib Al Husein, gerobak sapi dapat menjadi sarana menyalurkan hobi seninya.

Remaja yang bertempat tinggal di Sulang Kidul Patalan Jetis Bantul ini memiliki hobi yang sangat unik dan termasuk langka, menjaga dan melestarikan “Gerobak Sapi”. Hobi yang dijalani remaja satu ini tidak hanya sekadar suka menyimpan atau memiliki saja, tetapi juga merancang dan memodifikasi bentuk gerobak sapi menjadi sebuah gerobak yang penuh dengan sensasi seni dan artistik.

Hobi uniknya ini ternyata membawa keberuntungan bagi Adib. Tahun 2015, Adib berhasil meraih juara pada lomba modifikasi “Gerobak Sapi”. Dan tahun ini, Adib mengulang kesuksesan dengan kembali memboyong juara 1 Modifikasi “Gerobag Sapi” pada festival Wisata “Gerobag Sapi” yang diadakan Bajingers Community dan Dinas Pariwisata DIY di Stadion Sultan Agung Bantul beberapa bulan yang lalu. Dalam kesempatan tersebut selain menjadi juara 1, Adib juga memperoleh piala kenang- kenangan dari GKR Hemas.

Adib yang juga siswa kelas XII IPS 2 di MAN Wonokromo Bantul ini mengaku memiliki keahlian merancang dan memodifikasi “Gerobag Sapi” yang diturunkan dari ayahnya. Adib yang juga tergabung dalam komunitas gerobag sapi Guyub Rukun Bantul tersebut sangat tekun dan bersemangat dalam berkarya.

Adib merasa sangat beruntung karena hobi yang dia tekuni mendapatkan support dan dukungan penuh dari orang tua dan juga saudara. Awalnya dia sekadar merasa suka dengan gerobag sapi, dan berkeinginan untuk melestarikannya. Seiring waktu Adib mulai merancang dan memodifikasi gerobak tersebut dengan mengubah, menambah dan melengkapi ornament pada gerobak sehingga indah dipandang dan juga nyaman dinaiki.

“Saya merasa sangat senang, ternyata sebuah hobi kalau ditekuni dan dilakukan dengan sepenuh hati dan sungguh sungguh akan menjadi sebuah prestasi dan ini sangat membahagiakan bagi saya,” ungkapnya.

Adib yang berkeinginan untuk melestarikan “Gerobak Sapi” tersebut mengatakan, tema yang diusung dalam lomba beberapa waktu yang lalu tersebut adalah Tema Klasik yakni memodifikasi gerobak menjadi suasana dan kondisi gerobag di masa lalu. Bahan untuk atap dan dinding adalah dengan menggunakan rapak (daun tebu yang dikeringkan. Kayu kayu yang digunakan semuanya diberi warna coklat sehingga terkesan kuno. (Andi)

Check Also

UGM Raih Juara Umum Pharmanova 2016

UGM Raih Juara Umum Pharmanova 2016

Edupost.ID – Delegasi mahasiswa Fakultas Farmasi UGM berhasil menyabet gelar juara umum kompetisi Pharmacy on …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *