Senin , 27 Maret 2017
Home / Prestasi Pemuda / Irsa Wafiatul Qisthi, Ikuti Program VICISU di Austria
Irsa-Wafiatul-Qisthi-Ikuti-Program-VICISU-di-Austria
Irsa Wafiatul Qisthi. (Foto: andi)

Irsa Wafiatul Qisthi, Ikuti Program VICISU di Austria

Edupost.id – Mahasiswi prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga, mengikuti program Vienna International Christian-Islamic Summer University (VICISU) 2016 di kota Vienna, Austria.  Adalah Irsa Wafiatul Qisthi, menjadi peserta summer class, pertukaran budaya dan kunjungan ke tempat bersejarah selama tiga pekan.

“ Selama tiga pekan di Austria ada beberapa kegiatan1 – 21 Agustus 2016. Rencananya saya akan mengikuti perkuliahan dengan sebelas matakuliah. Kegiatan lainya pementasan seni budaya, menampilkan makanan tradisional, kunjungan ke kantor PBB dan gedung bersejarah di kota Vienna” kata Irsa ketika ditemui di gedung PAU UIN Sunan Kalijaga.

Program ini diadakan selama dua tahun sekali yang dirintis sejak 2008. Acara ini bertujuan mempertemukan mahasiswa dan dosen dari universitas di lima benua. Peserta kegiatan ini juga terdiri dari berbagai bidang seperti hukum, teologi dan ilmu sosial untuk membahas persoalan keagamaan di dunia dari sudut pandang agama Kristen dan agama Islam.

Keikutsertaan Irsa dalam program summer class di University of Wien tidak lepas dari ketekunan dan kesabarannya. Berbekal kemampuan bahasa Inggris, prestasi akademik dan pengalaman organisasi yang baik, mahasiswa berkacamata ini lolos seleksi Studen Mobile Program yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Saya berharap program VICISU dapat memperluas pengetahuan, khususnya mengenai dialog antar agama serta isu-isu sosial dalam perspektif Islam dan Kristen. Selain itu, bisa marasakan iklim akademik di Austria dan menjalin jejaring internasional”, kata Irsa yang juga menjadi Deputi Manager Departemen Pendidikan Youth Finance Indonesia.

Irsa menambahkan, sepulang dari Austria dirinya akan berbagi ilmu dan pengalaman dengan mahasiswa lain setelah ikut program VICISU. “Rencananya saya akan mengulas perjalanan saya melalui blog agar lebih banyak orang merasakan manfaat dari program ini.” Imbuh pemilik blog irsaqisthi.wordpress.com dan blog write for awhile.tumblr.com itu.

Sementara itu, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi, mengatakan, seorang mahasiswa sangat dibutuhkan adanya sinergi iman dan penguasaan ilmu pengetahuan. Dan salah satu ilmu yang dubutuhkan adalah bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris memudahkan seseorang mempelajari berbagai ilmu dan bepergian ke manapun.

“Keikusertaan dalam program internasional dapat menjadi batu loncatan untuk mengawali pengembaraan keilmuan. Dan selalu bersyukur dengan terus meningkatkan prestasi dan berbagi pengalaman dengan orang lain”, tutur Yudian saat memberi restu keberangkatan Irsa ke Austria. (Andi)

Check Also

Bukti Mahasiswa Teknik ITS Berkiprah di Pertanian

Bukti Mahasiswa Teknik ITS Berkiprah di Pertanian

Edupost.ID- Mahasiswa D3 Departemen Teknik Instrumentasi, Eka Wahyu Prasojo mampu membuat tanaman melakukan fotosintesis sehari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *