Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Prestasi Pemuda / Jefferson, Sang Jawara Kompetisi Matematika
Jefferson, Sang Jawara Kompetisi Matematika
Jefferson, Sang Jawara Kompetisi Matematika

Jefferson, Sang Jawara Kompetisi Matematika

Edupost.id – Jefferson Caesario, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) kembali mengharumkan nama Indonesia dan Unair. Tahun ini Jeff berhasil memboyong pulang medali perak pada ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria pada 31 Juli-6 Agustus 2017.

Perolehan medali pada IMC kali ini bukanlah yang pertama bagi Jeff. Pada tahun sebelumnya, mahasiswa kelahiran kelahiran 13 Maret 1997 ini telah berhasil menyabet medali perunggu. Prestasi hebat inilah yang membuat Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) kembali mengirimkan Jeff ke IMC tahun ini.

Jeff adalah salah satu dari sembilan mahasiswa yang lolos seleksi. Sebelumnya, seleksi itu diikuti oleh 20 peserta Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON-MIPA) dan juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015.

Dalam kompetisi ini, 300 lebih peserta dari 60 negara saling beradu ketangkasan. Selama dua hari peserta berkompetisi menyelesaikan sebanyak lima soal matematika dalam waktu lima jam. Di tengah persaingan yang cukup ketat, mahasiswa S-1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran ini akhirnya berhasil menduduki peringkat kedua.

“Sebelum berangkat saya sempat pesimis. Karena terlalu sibuk kuliah jadinya persiapan untuk latihan soal hampir nggak sempat, sehingga baru efektif latihan saat di karantina. Selama di karantina pun, nilai saya paling rendah,” ungkap Jeff yang dikutip Edupost.id dari laman resmi Kemenristek Dikti, Kamis (17/8).

Namun, doa dan dukungan orang tua menjadi kekuatan yang mampu menyuntik semangatnya kembali. Akhirnya, Jeff berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu mengukir prestasi.

Sejak SD hingga SMA, Jeff sering memenangkan kejuaraan olimpiade matematika. Berlatih soal-soal matematika secara otodidak pun sudah menjadi kebiasaannya sejak lama. Disela-sela waktu, bahkan ketika tidak sedang mempersiapkan kompetisi, Jeff tetap mengasah kemampuan otak kirinya dengan mengerjakan soal-soal matematika. Ia juga bergabung dengan grup OSN matematika untuk memperkaya pengalaman dan referensi soal-soal matematika.

“Sebenarnya matematika itu menyenangkan dan penuh tantangan. Karena kita dituntut untuk berpikir kritis hingga menemukan jawabannya,” jelasnya (Andi)

Check Also

universitas-airlangga

Unair Terima Kunjungan Sekolah Favorit Sumsel

Edupost.id – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima kunjungan dari SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *