Selasa , 28 Maret 2017
Home / Prestasi Pemuda / Jelaskan Bahaya Narkoba, Mahasiswa UI Jadi Duta Youth Forum UNODC di Austria

Jelaskan Bahaya Narkoba, Mahasiswa UI Jadi Duta Youth Forum UNODC di Austria

DEPOK – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Silvia Adinda menjadi duta di Youth Forum yang diadakan oleh United Nation Office Drugs and Crime (UNODC) pada 8 – 11 Maret 2015 mendatang di Wina, Austria.

Silvia terpilih sebagai perwakilan dari Indonesia berdasar hasil seleksi yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Remaja kelahiran 28 Agustus 1996 ini menyampaikan, dirinya tertarik untuk mengikuti seleksi yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) karena ia ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bahaya narkoba dan peredarannya.

Silvia semangat mempelajari tentang narkoba ketika SMA, setelah ia mendapatkan penyuluhan dari Rumah Cemara, yang merupakan kumpulan orang-orang yang memerangi narkoba.

Pada saat mengikuti forum, para peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai negara tersebut mempresentasikan tentang bahaya narkoba dan upaya pencegahan yang telah dilakukan di negara masing-masing.

Sebagai perwakilan dari Indonesia, Silvia mempresentasikan ‘Saka Dharma Bayangkara’, yang merupakan bagian dari drugs preventive yang dilakukan Indonesia dalam konteks pemuda dan anak-anak.

Ia menilai, faktor yang paling mempengaruhi penggunaan narkoba adalah lingkungan, kebanyakan pengguna narkoba adalah orang-orang yang mempunyai masalah di hidupnya, dan mencari ketenangan sementara lewat narkoba.

Menurutnya, para pengguna narkoba cenderung tidak memikirkan dampak yang akan terjadi pada tiga sampai 5 tahun berikutnya. Mereka hanya mencari sarana menenangkan diri mereka untuk sementara waktu.

Putri dari pasangan Nampati Tarigan dan Magdalena ini menjelaskan, sebagai upaya dari drugs preventive, ia akan menciptakan lingkungan atau komunitas yang bebas dari narkoba, dan mempunyai pendidikan akan bahayanya narkoba.

Ia menuturkan, langkah nyata yang akan dilakukannya ialah dengan membuat peer group discussion.
Nantinya, grup tersebut akan mendapatkan penyuluhan dan pendidikan dari BNN kemudian melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terdekat.

United Nation Office Drugs and Crime (UNODC) adalah salah satu unit PBB, yang memerangi narkoba dan kejahatan internasional. Organisasi ini didirikan tahun 1997 melalui merger antara United Nations Drug Control Programme dan The Centre for International Crime Prevention. (UI/IK-SS)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *