Rabu , 18 Januari 2017
Home / Prestasi Pemuda / Kanastren Nareswara, Dalang Imut dari Surakarta
Kanastren dalang imut surakarta
Kanastren Nareswara, dalang imut dari Surakarta (Foto: Andi Edupost)

Kanastren Nareswara, Dalang Imut dari Surakarta

Edupost.id, Yogyakarta – Di Indonesia, sejumlah dalang kondang telah banyak dikenal masyarakat. Sebut saja Ki Manteb Sudarsono, Ki Anom Suroto, Ki Entus Susmono, dan lainnya. Namun, dalang yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Selain usianya yang masih belia, dalang ini adalah seorang gadis cilik. Dialah Kanastren Nareswara Darmanasti, siswa kelas 3 SDN Bulukanti, Surakarta.

Kanastren, begitu si dalang cilik ini disapa, tampil sebagai salah satu dalang cilik dalam Festival Dalang Cilik (FDC) VII di UNY, (1/5). Penampilannya di FDC ini amat memukau penonton. Kata-kata bernuansa humor, menghiasi jalanan cerita yang dibawakan. Lakon Jamus Kalimisodo yang ia bawakan mengalir indah dan amat menghibur.

Ditemui usai pentas, gadis cilik ini mengaku hanya berlatih selama satu minggu untuk mempersiapkan diri dalam ajang FDC VII ini. Menariknya, ia tak pernah bergabung dengan sanggar pedalangan. Ia hanya berlatih ditemani sang ayah.

“Latihan semunggu, ditemani ayah,” katanya. Berada di lingkungan keluarga seni tampaknya telah mempengaruhi keterampilannya mendalang. Selain ayahnya yang pandai mendalang, ibunya juga seorang sinden di Solo.

Kanastren mengaku belajar mendalang sejak kelas 1 SD. Saat itu, ia amat sering mendengar lantunan tembang Jawa maupun pementasan wayang kulit. Karena seringnya melihat pementasan wayang kulit, lambat laun ia pun mulai tertarik menjadi dalang.

Menjadi dalang cilik, bagi Kanastren tidak menjadikan ia lupa dengan belajar di sekolah. Namun, ia justru mengaku semakin termotivasi untuk belajar. Hal ini, menurutnya karena menjadi dalang adalah hal yang menyenangkan.

FDC VII merupakan festival pertama yang diikuti Kanastren. Sebelumnya, dalang imut ini pernah pentas di Taman Budaya Jawa Tengah. Selain itu, ia juga pernah pentas di Temu Dalang Nusantara. (Andi)

Check Also

sman-1-yogyakarta-unbk

UNBK 2017, Hanya Ada Soal Wajib dan Soal Pilihan

Edupost.id – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan, saat Ujian …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *