Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Prestasi Pemuda / Kholida, Jawara Matematika Internasional dari MAN Wonokromo
Kholida, Jawara Matematika Internasional dari MAN Wonokromo
Kholida, Jawara Matematika Internasional dari MAN Wonokromo

Kholida, Jawara Matematika Internasional dari MAN Wonokromo

Edupost.id – Kholida Nailil Muna telah mampu membuktikan bahwa siswa madrasah juga mampu berprestasi di kancah internasional. Raihan medali perak pada ajang Singapore International Mathematic Olympiad Challenge (SIMOC) tahun ini membuat siswa kelas X MIPA 1 MAN Wonokromo Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Pada SIMOC yang berlangsung di Singapura, Jumat – Senin (12-15/8) tersebut, Kholida tergabung dengan rayon Indonesia Timur bersama peserta lain dari Semarang, Surabaya, Tulungagung, Jepara dan Pati.

Kepada Edupost.id, gadis kelahiran Pati 30 Agustus 2001 ini mengaku amat bersyukur dengan raihan prestasi ini. Menurutnya, tak ada target khusus ketika mengikuti kompetisi ini. “Saya senang bisa dapat medali perak. Saya nggak berani menarget, tapi alhamdulilah dapat medali perak,” ungkapnya.

Tiket menuju SIMOC tahun ini sebenarnya telah melewati proses panjang. Awalnya, ia harus mengikuti seleksi di Semarang ketika masih kelas IX MTs Abadiyah Pati, Jawa Tengah. Raihan medali emas pada seleksi itulah yang mengantarkan Kholida menembus kancah internasional.

“Suka matematika sejak SD, tapi mulai ikut kompetisi sejak MTs,” katanya ketika ditanya mengenai awal ketertarikan pada matematika. Pada saat MTs inilah sejumlah prestasi sempat diukir. Putri ke dua dari empat bersaudara ini juga memiliki prestasi lain. Ia tercatat pernah meraih medali perunggu pada Singapore Mathematica Olympiad ’15 di Singapura, dan medali emas pada Singapore Mathematica Olympiad ’15 di Australia.

Kholida mengaku memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan mata pelajaran lainnya. Uniknya, Kholida justru belum pernah mengikuti kompetisi di level nasional. Selama ini, porestasi yang diraih hanya pada level internasional.

Oleh karenanya, Kholida menargetkan untuk mengikuti kompetisi di level nasional. Gadis yang juga tinggal di Pesantren ini ingin mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) maupun Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Kepala MAN Wonokromo Ali Asmui menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pestasi yang diperoleh siswanya. Ali menambahkan, kejuaraan tingkat internasional ini diharapkan bisa menjadi penyemangat dan pemicu siswa lain untuk berprestasi tidak hanya lingkup nasional tetapi juga berusaha untuk sampai tingkat internasional.

“Secara kelembagaan kami sangat mengapresiasi atas perolehan prestasi Kholida ini pada kompetisi internasional,” ujarnya ketika dijumpai di ruang kerjanya. (Andi)

Check Also

Pelajar Indonesia Raih Tujuh Medali di IESO 2017

Pelajar Indonesia Raih Tujuh Medali di IESO 2017

Edupost.id – Tim pelajar Indonesia berhasil meraih tujuh medali di ajang International Earth Science Olympiad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *