Rabu , 7 Desember 2016
Home / Prestasi Pemuda / Kontingen IPB Raih Peringkat 4 di Gemastik 2016
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kontingen IPB Raih Peringkat 4 di Gemastik 2016

Edupost.ID- Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Pada tahun ke-9 ini, Universitas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Gemastik yang kali ini mengangkat tema “Enabling Smart Society Through ICT” menyelenggarakan 10 kategori lomba yang terdiri dari Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Desain User Experience, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan e-Government. Menurut Yugo Irsal selaku ketua panitia, tercatat 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba Gemastik.

Pada babak final, kontingen Institut Pertanian Bogor (IPB) mengirimkan tujuh kelompok yang tersebar pada empat kategori lomba yaitu Data Mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan Desain User Experience. Sebelum bertanding di babak final Gemastik, kontingen IPB menjalani pembinaan dan karantina secara intensif di Departemen Ilmu Komputer IPB dibimbing oleh dosen-dosen ahli di lingkungan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pembinaan dan karantina intensif ini meliputi penajaman ide, pelatihan presentasi, pengembangan produk dan latihan problem solving.

Pada akhir kegiatan lomba, tim IPB dengan nama “0x6e647268” pada kategori Keamanan Jaringan & Sistem Informasi berhasil meraih juara 3, tim GreatIDEA meraih juara 2 pada kategori Desain User Experience dan BitArt Labs berhasil meraih juara 2 pada kategori Pengembangan Aplikasi Permainan. Dengan perolehan tersebut, kontingen IPB meraih peringkat 4 nasional.

Para pemenang juara I, II, dan III pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai masing-masing senilai Rp11 juta, Rp8 juta, dan Rp5 juta. Selain itu, tim BitArt Labs juga memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia. (IPB)

Check Also

Lima Langkah Tepat Atasi Demam pada Anak

Edupost.id- Demam kambuh ketika suhu tubuh lebih tinggi dari normal, yaitu di atas suhu tubuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *