Rabu , 20 September 2017
Home / Prestasi Pemuda / Mahasiswa USU Raih Juara di Shell Eco Marathon Asia 2015

Mahasiswa USU Raih Juara di Shell Eco Marathon Asia 2015

JAKARTA- Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memperoleh gelar juara dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2015. Tim mahasiswa yang dinamakan Tim Horas itu meraih juara 2 di Kelas Ethanol.

Kompetisi mobil hemat bahan bakar ini diikuti oleh ratusan tim mahasiswa dari berbagai negara. Kapten Tim Horas, Arie Mathius Bangun menyebutkan, saingan yang mereka hadapi sangatlah berat.

“Saingan terberat sebenarnya sesama tim Indonesia. Pasalnya, tiga tahun terakhir Indonesia selalu berhasil meraih Top 3 (tiga teratas). Tahun ini ada enam gelar yang direbut wakil-wakil Indonesia,” ucap Arie, seperti dilansir laman US, Kamis (5/3/2015).

Dosen Teknik Mesin USU Dr. eng. Himsar Ambarita, ST., MT., Ph.D., yang mendampingi para mahasiswa bertanding menyampaikan, ada sejumlah hambatan yang dihadapi dalam kompetisi ini, namun semua itu tidak menyurutkan semangat para mahasiswa tersebut.

Himsar mengungkapkan, saat kompetisi semakin ketat, Tim Horas harus mengalami pemunduran jadwal satu hari karena panitia lomba tidak menyelesaikan inspeksi tepat waktu sehingga sempat mempengaruhi emosi tim.

“Dampaknya pada lima item yang harus diselesaikan kami rasa sangat kurang waktunya, juga kondisi bahan bakar di sana memiliki spesifikasi yang berbeda dengan di Indonesia yang menuntut kami untuk lebih cepat beradaptasi,” paparnya.

Wakil Rektor V USU, Ir. Yusuf Husni menyampaikan rasa bangganya atas pecapaian prestasi anak didiknya tersebut.

“Hal ini merupakan satu hal yang membanggakan bagi USU dan Fakultas Teknik khususnya. Dan ke depan, mari membangun kekuatan tim untuk lebih solid lagi dan secara pribadi saya ucapkan terima kasih pada seluruh tim yang terlibat,” jelasnya.

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *