Selasa , 25 Juli 2017
Home / Prestasi Pemuda / Ocha dan Ave, Peraih Medali Emas Asian Robotic Championship
Ocha-dan-Ave-Peraih-Medali-Emas-Asian-Robotic-Championship
Ocha dan Ave. (Foto: kemenag)

Ocha dan Ave, Peraih Medali Emas Asian Robotic Championship

Edupost.id – Siswa madrasah kembali mengukir prestasi dalam ajang lomba robotik tingkat Asia. Mereka Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha/9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave/6), pasangan kakak beradik tim robotic Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berhasil meraih Gold Prize.

“Jadi mereka berdua mendapat juara umum kedua dalam ajang itu. Alhamdulillah, usaha kami dari Jakarta terbayar,” ujar orangtua mereka, Himatul Laily Waisnain.

Menurut Laily, kategori yang mereka ikuti yaitu Super Maze Solving pada Asian Robotic Championship di Kuala Lumpur Malaysia. Ia menjelaskan bahwa putra dan putrinya juga meraih Special Award untuk ketegori Brick Speed dan Special Award untuk Robot Reronya. Dalam ajang itu, lanjut Laily, putranya juga mendapat peserta favorit karena menjadi peserta termuda. Menurutnya, lomba ini terbuka (open kategori) bagi peserta dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Mereka ini muda sekali karena usia masih di bawah 10 tahun. Peserta lainnya ada dari mahasiswa,” tambahnya.

Laily menambahkan, project robot creative yang diusung putra putrinya dalam lomba kali ini adalah “crane otomatis control remote”. Robot jenis ini mampu membantu memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia. Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang dan mampu mengurangi kecelakaan kerja.

“Semua terkontrol dengan remot jarak jauh,” terangnya.

Sebelumnya, dua kakak beradik ini juga berhasil meraih prestasi dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang digelar di Singapura. Mereka meraih Gold Prize Medal Brick Speed, Gold Prize Medal, Silver Prize Medals Maze Solving Junior, dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior dalam ajang yang diselenggarakan di negeri singa itu pada awal tahun ini.

Selain prestasi individual, tim robotic MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga meraih Bronze Medal dalam ketegori Creative Robotic pada ajang yang diselenggarakan 23 24 Juli lalu di Komplek Pusat Pendidikan Al-Amin Kuala Lumpur. (Kemenag/Nisa))

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *