Kamis , 21 September 2017
Home / Prestasi Pemuda / Para Peneliti Muda Ini Temukan Obat Cacingan hingga Ciptakan Robot Pengangkut Sampah

Para Peneliti Muda Ini Temukan Obat Cacingan hingga Ciptakan Robot Pengangkut Sampah

EDUPOST.ID- Kiprah para peneliti muda Indonesia dari kalangan pelajar kian memukau. Berbagai inovasi dan penemuan berhasil mereka kembangkan sehingga memberi banyak sumbangsih bagi kemajuan sains dan teknologi Indonesia.

Seorang siswa SMA Negeri 3 Kota Jambi, Mahlania Qori berhasil mengembangkan obat herbal untuk mengatasi penyakit ‘cacingan’. Penelitiannya ini pernah meraih medali emas di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2011.

Ia menemukan umbut pinang yang merupakan bagian dari pohon pinang terbukti dapat mengeluarkan cacing kremi dan cambuk beserta telurnya keluar dari saluran pencernaan dalam waktu yang singkat. Karena itu, umbut pinang dapat digunakan sebagai obat herbal cacingan tanpa mengandung bahan kimia, pengawet buatan dan efek samping.

Umbut pinang hanya diolah secara sederhana dengan mengambil patinya. Ramuan umbut pinang ini juga dapat diawetkan dengan menambahkan jeruk nipis dan meletakkan obat herbal ini di tempat yang bersuhu rendah.

Hasil penemuan bidang teknologi dikembangkan tiga siswa asal SMA Negeri 1 Salatiga. Mereka adalah Fransiskus Asisi Brian Ganda Pratama, Eko Budi Satrio, Giovanni Satria yang mengembangkan robot iTrash. Robot pembuang sampah ini meraih medali Emas/Juara 1 Bidang Sains Terapan Olimpiade Penelitan Siswa Indonesia.

Robot line follower merupakan sebuah robot yang menggunakan sensor cahaya, seperti layaknya mata manusia yang digunakan untuk melihat. Adanya sensor cahaya, membuat robot secara otomatis dapat mengikuti track.

Robot iTrash merupakan robot line follower yang dimodifikasi dengan penambahan motor servo sebagai motor penggerak bak sampah dan pemrograman algoritma dalam mikrokontroler ATmega32. Kedepannya robot ini perlu ditambahkan sarana pendukung seperti tempat sampah iTrash dan track robot sebagai sistem pembuangan sampah. (Peneliti-Ind/IK-LL)

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *