Selasa , 21 November 2017
Home / Prestasi Pemuda / Piawai Berkuda, Kaela Menangkan Berbagai Kejuaraan
mahasiswa-ipb-kaela-juara-jumping-grand-prix
Piawai berkuda, Kaela menangkan berbagai kejuaraan (foto: IPB)

Piawai Berkuda, Kaela Menangkan Berbagai Kejuaraan

Edupost.id, Bogor – Kepiawaiannya dalam menunggang kuda, mengantarkan gadis asal Surabaya ini mengantongi banyak piala dalam berbagai kejuaraan berkuda. Kaela Natania Rahardjo, belum lama ini, berhasil menjuarai Indonesian Jumping Grand Prix 2016 Competition. Dalam kompetisi itu, Kaela meraih juara pertama Mini Tour Novice Rider, Power and Speed 90 sentimeter dan juara tiga Lucent Defense Gear Novice Rider 90 sentimeter, Accumulator.

Dalam kejuaraan yang digelar Arthayasa Sporthorse Equestrian Services Olahraga berkuda Nasional pada 6-8 Mei lalu itu, Kaela harus mengalahkan rider (penunggang kuda) dari Stable se-Indonesia .

Sebelum bertanding mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) ini  dilatih Team Pegasus dan mewakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Berkuda IPB. Ia bercerita tantangan dalam mengikuti lomba tersebut, salah satunya dalam hal penyesuaian kuda yang digunakan karena kuda yang berlaga berasal dari pinjaman.

Kesulitan lain yang dirasakannya yakni dalam hal penguasaan kuda dan kelas yang diikuti. Menurutnya, semakin tinggi rintangan maka tingkat kesulitannya semakin bertambah.

Tak banyak anak muda yang memilih berkuda sebagai hobinya. Namun, Kaela telah jatuh cinta pada olahraga yang membutuhkan keahlian khusus itu. “Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang tidak mudah, tidak murah, dan sangat memakan waktu karena lokasi latihannya jauh dan harus dilakukan rutin secara terus-menerus,” ungkapnya.

Demi menggeluti bidang ini, Kaela mengaku harus pintar membagi waktunya sebagai mahasiswa saya belajar mengatur waktu sedemikian rupa agar bisa tetap berprestasi dan tidak melalaikan tugas sebagai mahasiswa,“ ujar mahasiswi yang pernah mewakili Indonesia pada pertandingan persahabatan antar delapan negara yang digelar di Singapura (CSIYB- Singapore) ini.

Meski penuh tantangan, Kaela merasa senang dapat mengikuti lomba berkuda karena menurutnya dalam setiap pertandingan ada pelajaran baru yang bisa dipetiknya baik dalam hal keterampilan, ketenangan, mental, dan refleks dalam menunggang kuda.

Ke depannya, Kaela berencana mengikuti perlombaan berkuda lagi untuk menambah pengalaman dan menaikkan level kelasnya. Ia juga berharap, seluruh anggota UKM Berkuda IPB dapat memiliki kesempatan untuk bertanding dan berprestasi di bidang ini.

“Jangan Berhenti Bermimpi! Selalu ada waktu untuk melatih diri dan berprestasi,” pesannya. (IK-SS)

Check Also

Mahasiswa IPB Ciptakan Eco Selebgram untuk Generasi Millenial

Edupost.id – Yazidah Nur Rahmah, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *