Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Prestasi Pemuda / Rafif Mimpikan Medali Internasional Sejak Kelas 10

Rafif Mimpikan Medali Internasional Sejak Kelas 10

Edupost.ID – “Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit”. Peribahasa itu menggambarkan Rafif yang berani bercita-cita mendapatkan medali di tingkat internasional. Ketika menancapkan mimpi itu, ia masih duduk di kelas 10 (1 SMA).

Rafif Abdus Salam (18) telah meraih mimpinya dengan memenangkan medali emas dalam ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015. Selain medali, ia juga mendapat penghargaan The Best Data Analysis.

“Perasaan saya saat nama saya dipanggil campur aduk. Antara gak percaya, senang dan bangga,” katanya ketika dihubungi Edupost.ID.

IOAA diadakan di Magelang pada 26 Juli-4 Agustus 2015 lalu. Rafif beserta 9 orang lainnya dari Indonesia bertanding dengan 317 peserta dari 41 negara di dunia.

Ia mengaku mendapat ilmu dan teman-teman baru yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama. Selain itu Rafif juga mendapat pengalaman berharga, yaitu mempelajari budaya asing dengan bertemu peserta IOAA dari luar negeri.

Ia berterimakasih kepada kakak-kakak kelasnya yang sudah mengenalkan astronomi dari nol. Namun, meski sudah mendapatkan prestasi tingkat internasional, Rafif masih ingin menorehkan prestasi lebih banyak lagi.

Rafif tertarik pada astronomi sejak SMA. Baginya, astronomi mengajarkan hal-hal kecil sampai hal-hal besar, seperti alam semesta.Prestasinya juga tak jauh dari astronomi. Rafif meraih medali perak di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013, medali emas OSN 2014, dan saat ini medali emas di IOAA 2015.

Meski begitu, tetap ada kesulitan dalam belajar astronomi, “Paling susah mempelajari kosmologi, dibutuhkan imajinasi yang tinggi dan fisika yang kuat”.

Mahasiswa baru Fakultas Teknik Pertambangan Dan Perminyakan ITB ini ingin berkontribusi dalam kemajuan olimpiade astronomi Indonesia dengan membagi ilmu kepada adik-adik kelas yang akan mengikuti olimpiade astronomi. (Nurfi)

Check Also

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – Tim robot terbang UGM, Gamaforce, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *