Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Prestasi Pemuda / Tahta Harimurti, Dalang Cilik Asal Yogyakarta

Tahta Harimurti, Dalang Cilik Asal Yogyakarta

Edupost.ID, Yogyakarta – Seorang dalang cilik dengan berpakaian Jawa khas Yogyakarta tampak piawai memainkan wayang kulit dengan kedua tangannya. Meski masih berusia sangat muda, penampilan Tahta Harimurti Probo Atmojo mampu memukau para hadiran yang menyaksikan pertunjukkannya.

Tahta yang masih berstatus siswa kelas 8 SMPN 4 Depok, Sleman, Yogyakarta ini turut tampil bersama 46 dalang cilik lainnya dalam Festival Dalang Cilik V di Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (MPI UNY) pada Selasa (12/5).

Dalang cilik yang beralamat di Perum Mitra Griya Asri Wedomartani, Condong Catur Sleman ini membawakan lakon ‘Kikis Tunggurono’. Lakon ini mengisahkan Prabu Sitija yang berkuasa di negeri Trajutrisna berusaha memperluas wilayah dan memperluas pengaruh pada negara negara tetangganya termasuk Kerajaan Pringgadani pimpinan Gatutkaca. Ia ingin menundukkan dengan cara menciptakan persoalan kecil yang bisa menjadikan permasalahan besar bagi Gatutkaca dan Kerajaan Trajutrisna.

Hingga saat ini, Tahta mengaku, dirinya sudah pernah tampil dalam 48 kali pementasan. Prestasi yang pernah ia raih yakni menjadi juara 3 Festival Dalang Cilik DIY tahun 2014.

Tahta menuturkan, di keluarganya sama sekali tidak ada yang menekuni dunia wayang. Bahkan, kata Tahta, ayahnya adalah seorang dosen di UGM. “Tidak ada darah seni di keluarga saya”, ujarnya. Tahta menambahkan, ia menyukai dunia wayang sebenarnya sudah sejak kecil. “Dulu awalnya biasa baca komik, tapi lama-lama jadi suka cerita wayang”, tuturnya.

Tahta juga bercerita, bahwa dirinya ingin tetap melanjutkan kegiatan mendalangnya sampai dewasa. Ia mengaku ingin menjadi dalang jika telah dewasa nanti. “Saya ingin bekerja untuk mencari nafkah. Tapi juga tetap menjadi dalang” terangnya. (Andi)

Check Also

menumbuhkan minat baca pada anak

Ingin Anak Anda Hobi Membaca? Ikuti Langkah Ini

Edupost.id –  Semua orangtua tentu menginginkan hal terbaik untuk masa depan buah hatinya. Memiliki kebiasaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *