Selasa , 25 Juli 2017
Home / Profil Inspiratif / Ali Si Aktivis, Peraih Beasiswa Leiden University Belanda

Ali Si Aktivis, Peraih Beasiswa Leiden University Belanda

Edupost.ID – Darah organisatoris sudah mengalir dalam tubuh Ali Abdillah, mahasiswa lulusan Fakultas Hukum UI yang mendapat beasiswa kuliah di Leiden University, Belanda. Di SMA, dia pernah mencicipi jabatan Ketua OSIS. Kemudian di kampus, ia kembali dipercaya sebagai Ketua BEM FHUI 2012 dan Ketua BEM UI 2013.

Ketika ditanya apakah kesibukan di organisasi mempengaruhi perkuliahan, ia menjawab, “Tidak banyak berpengaruh selama bisa membagi waktu.”

Mahasiswa kelahiran 11 September 1991 ini mendapat beasiswa LPDP di Leiden University, Belanda, bulan Juli lalu. Setidaknya membutuhkan waktu satu tahun untuk mempersiapkannya.

Menurut Ali, untuk mendapatkan beasiswa caranya adalah cari info sebanyak mungkin dan berusaha mendapatkannya. Selain itu juga kerja keras, tekun, dan well-planned. “Tidak ada anak bodoh, yang ada hanya anak yang belum menemukan metode belajarnya,” kata Ali.

Hal yang cukup sulit bagi anak kedua dari lima bersaudara ini adalah Bahasa Inggris. Butuh perjuangan hingga akhirnya bisa berbahasa Inggris dan memenuhi ekspektasi pemberi beasiswa. Mahasiswa yang mendaftar beasiswa tersebut berasal dari seluruh Indonesia. Selain saingannya se-nasional, ia mendapat teman/jejaring nasional.

Beasiswa LPDP berasal dari pemerintah. Jadi, Ali juga harus berkontribusi untuk Indonesia. “Saya ingin berkontribusi besar bagi Indonesia ke depan. Menjadi dosen, walikota Bogor, dan Presiden,” ujarnya.

Di balik orang yang berprestasi pasti ada orang-orang hebat yang mendukungnya. Ayahnya meninggal 2 tahun lalu. Ia adalah sosok yang menginspirasi Ali menjadi orang yang lebih baik. “Semangatnya yang mengantarkan saya kesini,” tutur Ali. (Nurfi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *