Sabtu , 25 November 2017
Home / Profil Inspiratif / Berkenalan dengan Ken, Atila, dan Luthfi, ABK yang Hebat
Berkenalan dengan Ken, Atila, dan Luthfi, ABK yang Hebat
Berkenalan dengan Ken, Atila, dan Luthfi, ABK yang Hebat

Berkenalan dengan Ken, Atila, dan Luthfi, ABK yang Hebat

Edupost.id – Kenichi Satria Kaffah, Ainun Nusrotillah Alfalah, dan Luthfi Salman adalah anak – anak hebat yang mampu membuktikan bahwa keterbatasan fisik tak boleh menyurutkan semangat. Ketiganya adalah siswa berkebutuhan khusus dari MTsN 19 Jakarta.

Kenichi yang biasa disapa Ken adalah siswa penyandang tuna netra yang juga penghafal Qur’an. Ken terlahir dalam keluarga yang semuanya adalah penyandang tuna netra, termasuk ayah, bunda, serta adiknya. Sebagai tuna netra, pola belajar Ken mengandalkan braile dan rekaman suara.

Saat guru menerangkan di kelas, Ken merekam lewat handphone untuk diulang kembali di rumah. Termasuk tugas PR dari guru, diberikan lewat rekaman. Saat belajar di kelas Kenichi menggunakan alat bantu perekam. Terkadang, kata dia, jika ada tugas dari gurunya ia juga menyalinnya (scan) ke handphone. Selanjutnya, ia ubah ke file PDF, sehingga tugas yang diberikan bisa terbaca.

“Saya ingin lancar Bahasa Arab,” ucap Kenichi saat ditemui di Yogyakarta.

Tak beda dengan Ken, Ainun Nushrotillah Alfalah atau Atila, adalah penyandang tuna netra yang telah hafal dua Juz Al-Qur’an dengan bantuan Al-Qur’an braille yang juga tersedia di madrasah ini. Atilla juga mengatakan, bahwa saat belajar di kelas dirinya juga menggunakan bantuan alat perekam, sehingga ia bisa mempelajari lagi pelajaran yang diterangkan oleh gurunya.

Atilla juga tidak kalah dengan Kenichi, Atilla juga mahir memainkan alat musik organ seperti anak normal lainnya. Atilla juga telah mampu menghafalkan beberapa juz Alquran, yaitu juz 30 dan juga juz 29.

Jika Ken dan Atila adalah penyandang tuna netra, maka lain halnya dengan Luthfi Salman. Siswa kelas 7 MTsN 19 Jakarta ini memiliki tinggi badan kurang lebih hanya 40 cm. Dengan ukuran tubuh yang mini, Luthfi diberikan fasilitas kursi khusus dari sekolahnya. Kursi khususnya memiliki anak tangga di sisi sampingnya.

Ketiga siswa ini memang sengaja dihadirkan di ajang Aksioma – KSM 2017 di Yogyakarta. Ketiganya bahkan tak luput dari perhatian Menag Lukman Hakkm Saifuddin beserta istri. Bahkan, Menag sempat menggendong Luthfi saat acara pembukaan AKsioma – KSM di Stadion Mandala Krida Senin (7/8) malam.

“Senang, ak kebayang bakal di gendong pak Menteri. Tadi pas liat saya, pak Menteri seneng gitu.. Terus langsung digendong,” ujar Lutfi ketika ditanya apa kesan saat didekap dan digendong Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Andi)

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *