Selasa , 24 Januari 2017
Home / Profil Inspiratif / Bondan Prakoso, Rela Tunda Kelulusan demi Garuda UNY
Bondan-prakoso-uny
Bondan Prakoso (foto: UNY)

Bondan Prakoso, Rela Tunda Kelulusan demi Garuda UNY

Edupost.id, Yogyakarta – Bondan Prakoso, namanya tak asing lagi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khususnya di kalangan tim mobil Garuda UNY. Kemampuannya di bidang otomotif membuat mahasiswa Teknik Otomotif UNY ini didaulat menjadi Ketua Umum Garuda UNY generasi pertama pada 2013 lalu.

Saat memimpin Garuda UNY Team, Bondan berhasil membawa timnya berlaga di International Student Green Car Competition (ISGCC) 2015 di Korea Selatan dan 2015 Student Formula Japan (SFJ) di Jepang. Meski tak mudah, pada akhirnya Bondan berhasil memimpin timnya menjadi jawara di ISGCC 2015.

Kesuksesannya memimpin GUT, mahasiswa kelahiran Sleman, 29 Desember 1993 ini mendapat kehormatan menjadi mahasiswa berprestasi (mawapres) utama UNY 2016 dari program sarjana. Bondan sebenarnya tak pernah menyangka dapat menjadi mawapres utama UNY tahun ini. Meski demikian, Bondan mengaku siap berjuang mewakili kampusnya dalam pemilihan mahasiswa berprestasi nasional tahun ini.

“Saya sedang menyiapkan karya tulis yang akan saya bawa ke pemilihan mawapres nasional,” kata Bondan.

Diakuinya, karya tulis yang ia buat saat seleksi mawapres UNY memang tak akan digunakan lagi pada pemilihan mawapres nasional. “Saya berencana menggunakan penelitian yang sudah saya aplikasikan di mobil Garuda UNY. Namun, penelitian itu belum pernah saya tulis,” katanya lagi.

Selain tengah sibuk mempersiapkan diri menghadapi pemilihan mawapres nasional, Bondan juga masih harus mempersiapkan keberangkatan GUT ke Korea Selatan dan Jepang pada tahun ini. Walaupun sudah tidak lagi menjadi Ketua Umum GUT, tenaga dan pikirannya masih dibutuhkan di timnya.

Bahkan, demi menunaikan tugasnya itu, ia harus menunda kelulusannya sebagai mahasiswa UNY. Padahal, semua persyaratan kelulusannya sudah siap. “Demi kepentingan bangsa dan negara saya memilih untuk menunda kelulusan saya,” tegas mahasiswa peraih beasiswa bidik misi UNY itu.

Kini, Bondan bertekad menjemput gelar juara pada International Student Green Car Competition (ISGCC) 2016 dan Student Formula Japan (SFJ) 2016.

“Saya akan menjadi Ketua Delegasi GUT ke Jepang bulan September,” imbuhnya. (Andi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Tuan Rumah Workshop Kedokteran Hewan Indonesia dan Jepang

Edupost.Id- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah dalam acara workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *