Selasa , 28 Maret 2017
Home / Profil Inspiratif / Dania, Lebih Memilih Jadi Guru bagi Siswa Penyandang Tuna Netra

Dania, Lebih Memilih Jadi Guru bagi Siswa Penyandang Tuna Netra

Edupost.ID, Yogyakarta – Bila sebagian besar lulusan perguruan tinggi lebih memilih menjadi guru di sekolah umum dan mengajar siswa normal. Berbeda dengan Dania, ia lebih memilih mengabdikan dirinya untuk mengajar siswa berkebutuhan khusus.

Dania adalah salah seorang guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yayasan Kesejahteraan Tuna Netra Islam (Yaketunis) Yogyakarta.

Menempuh perjalanan selama 30 menit dari rumahnya di Bantul hingga sekolah tempat mengajarnya di Yogyakarta sudah ia lakoni sejak lama. Ia membutuhkan waktu yang sama untuk pulang ke rumahnya pada sore hari. Perjalanan yang sedikit melelahkan itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mendidik siswa-siswa penyandang tuna netra.

Memang tidak mudah bagi Dania untuk melaksanakan tugas mulianya itu. Terlebih, fasilitas yang dimiliki sekolah dalam menunjang belajar siswa-siswanya juga kurang mencukupi.

“Ya memang tidak mudah untuk mengajar mereka”, ujar Dania. Ia menambahkan, dirinya selalu dituntut untuk kreatif membuat media pembelajaran sederhana yang dapat diterapkan di kelasnya.

“Mereka kan tidak bisa membaca, buku-buku braille yang tersedia juga sangat sedikit, jadi saya membuat rangkuman materi pelajaran sendiri. Kemudian saya membaca rangkuman itu sambil merekam suara saya”, terang Dania.

Ia juga bercerita bahwa dirinya dikenal sebagai guru galak di antara siswa-siswanya. “Anak-anak menganggap saya guru galak”, ujarnya.

Dania memang mengaku sering memarahi siswanya ketika ada siswanya yang bertindak nakal. Namun, kata Dania, dirinya sama sekali tak pernah benar-benar marah. Kemarahannya hanya bertujuan agar siswanya dapat lebih berdisiplin dan semangat dalam belajar di tengah kekurangan yang mereka miliki. (Andi)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *