Jumat , 24 Maret 2017
Home / Profil Inspiratif / Fahmi, Maba Tuna Daksa UGM Pakai Kursi Roda ke Kampus

Fahmi, Maba Tuna Daksa UGM Pakai Kursi Roda ke Kampus

Edupost.id – Bagi Muhammad Fahmi Husain, menggunakan kursi roda ke kampus, bukanlah halangan untuk kuliah. Mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) penyandang tuna daksa ini dengan penuh semangat mengikuti Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru UGM tanpa sedikitpun mengeluh. Cita -citanya menjadi seorang enterprener membuat alumni SMA Muhammadiyah Pakem Sleman ini begitu antusias memulai hari pertamanya menjadi mahasiswa.

“Saya ambil jurusan D3 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi lewat jalur Ujian Tulis gelombang dua,” ujar Fahmi ketika ditanya wartawan mengenai jurusan yang diambil. Menurutnya, jatuhnya pilihan itu karena ia memang sejak awal tertarik dengan komputer. Karena lolos ke UGM melalui jalur Utul, Fahmi dibebani UKT tertinggi, Rp. 7,5 juta.

Anak pertama dari empat bersaudara ini mengisahkan kondisi fisiknya. Menurutnya, ia sudah menggunakan kursi roda sejak masih kecil. Ia menderita penurunan fungsi otot sejak lahir. Oleh karenanya, sejak lahir ia tak pernah merasakan bagaimana rasanya berjalan dengan kakinya. Meski harus selalu menggunakan kursi roda, ia mengaku tak pernah minder ataupun rendah diri.

Cacat fisik memang bukanlah halangan bagi remaja kelahiran Sleman, 18 Mei 1990 ini untuk mengukir prestasi. Buktinya, ia mampu meraih medali perak pada ajang Lomba Karya Ilmiah Nasional 2015. Dia juga pernah meraih juara 3 Indonesia ICT Award, sebuah ajang pemberian penghargaan kepada para kreator dan inovator TIK Indonesia yang diadakan oleh Kemkominfo. Ketika lulus SMA, nilai UN yang diraih juga tidak mengecewakan. Ia lulus dengan nilai 436,50.

Kisah hidup dan semangat yang dimiliki Fahmi sungguh layak menjadi motivasi dan inspirasi. Terlebih, cita -cita mahasiswa berkursi roda ini pun tak bisa diremehkan. “Saya mau lanjut kuliah sampai S2. Cita – cita saya menjadi enterprener,” katanya. (Andi)

Check Also

Muhammad-Firdaus-Peneliti-IPB-Peraih-KIN-dan-WIPO-Awards

Muhammad Firdaus, Peneliti IPB Peraih KIN dan WIPO Awards

Edupost.id – Karya dari peneliti IPB, perangkat lunak (software) Sistem Informasi Kelayakan Usaha Hortikultura (SIKUH), berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *