Sabtu , 27 Mei 2017
Home / Profil Inspiratif / Giants Stembayo, Organisasi Pelajar yang Gencar Perangi Narkoba

Giants Stembayo, Organisasi Pelajar yang Gencar Perangi Narkoba

Edupost.ID – GIANTS (Gerakan Insan Anti Narkoba dan Anti Seks Bebas STEMBAYO) merupakan salah satu gerakan dari siswa di SMKN 2 Depok yang selama ini aktif mengkampanyekan gerakan anti narkoba. Organisasi ini aktif melakukan sosialisasi termasuk menggelar berbagai kampaye simpatik anti narkoba di DIY. GIANTS juga sudah mendapatkan piagam penghargaan nasional tentang satgas yang aktif dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Tri Ayu Nurjanah, penanggungjawab GIANTS menegaskan bahwa organisasinya ini fokus mengkampanyekan gerakan anti narkoba. Secara rutin, lanjut Ayu, GIANTS menyelenggarakan baik kegiatan intern maupun ekstern dalam kampanye ini. Kegiatan intern salah satunya adalah Seminar (Kesehatan Reproduksi dan Napza) Kenza.

Selain itu, pihaknya juga selalu aktif memberikan training kepada anggotanya untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kualitas penyelenggaraan organisasi. “Bentuknya Training of Tutor (TOT),” ujarnya. TOT merupakan bentuk kegiatan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam rangka menyampaikan kepada pihak lain untuk mencegah dan meninggalkan narkoba.

Selain intern, kegiatan Giants juga bersifat ekstern.  Artinya, menurut Ayu, kegiatannya kebih banyak bersentuhan dengan pihak di luar organisasi. “Bentuknya misalnya dengan turut serta memperingati Hari Anti Narkotika Internasional,” jelas Ayu.

Ayu juga mengatakan bahwa Giants sudah memiliki satgas narkoba binaan. “Kami turut mendampingi satgas narkoba di SMPN 2 Godean,” ujarnya. Biasanya, secara rutin, kader Giants datang menjadi pemateri dalam diskusi di SMPN 2 Godean.

Prestasi Giant juga sangat menarik. Satgas Narkoba SMKN 2 Depok Sleman ini telah mengantarkan sekolahnya menjadi juara 2 Lomba Sekolah Bebas Narkoba (LSBN) tahun 2012.  (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *