Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Profil Inspiratif / Guru SMP Bantul Wakili Indonesia di Global Educator Exchange 2015

Guru SMP Bantul Wakili Indonesia di Global Educator Exchange 2015

Edupost.ID, Yogyakarta – Muhammad Zulham, guru SMPN 1 Sedayu Bantul menjadi salah satu wakil Indonesia ke Amerika Serikat. Guru IPA ini, akan mempresentasikan karya metode mengajarnya di hadapan guru-guru di seluruh dunia dalam Global Educator Exchange 2015 Redmond, Washington, Amerika Serikat pada 28 April hingga 3 Mei mendatang.

Menurut Zulham, dari pengalamannya menjadi guru selama ini, komunikasi menjadi kendala utama pada siswa. Ini tampak pada tidak percaya dirinya siswa untuk mengungkapkan pendapat atau bahkan sekadar bertanya hal-hal yang tidak dimengerti.

“Bukan karena siswa tidak bisa sebenarnya. Seringnya mereka bisa menjawab pertanyaan dengan cara menulis di buku, tapi kalau sudah disuruh menjawab atau menerangkan secara lisan selalu tidak bisa,” ungkapnya.

Dengan inovasi pembelajaran yang dia terapkan, Zulham mengakui keinginan siswa berkomunikasi secara lisan dan keberanian untuk aktif di kelas sudah ia buktikan sendiri menjadi meningkat. Berbagai inovasi-inovasi pembelajaran itulah yang membuat Zulham lolos seleksi ke Global Educator Exchange 2015.

“Saya presentasikan kegiatan belajar di kelas saya yang menggunakan pembelajaran abad 21. Siswa-siswa saya latih menjadi ahli komunikasi untuk presentasi, bertanya dan menjawab,” kata Muhammad Zulham ditemui di SMPN 1 Sedayu, Senin (20/4).

Untuk bisa menuju negara paman sam ini, Muhammad Zulham sebelumnya harus menjalani seleksi ketat. Dari seluruh Indonesia terdapat 15 guru yang diseleksi dengan berbagai tahapan. Yang akhirnya dikerucutkan menjadi 3 orang.

”Respon dari siswa cukup baik selama ini. Bahkan dari hasil ulangan mereka, saya bisa melihat ada pengaruh juga cara mengajar saya dengan tingkat prestasi mereka. Yang terpenting, siswa-siswa saya sudah lebih berani berkomunikasi, baik dengan sesama temannya maupun dengan saya dan guru lainnya,” ujar Zulham. (Andi)

Check Also

Solahen Inovasi Unpad, Solusi Listrik di Daerah Terpencil

Solahen Inovasi Unpad, Solusi Listrik di Daerah Terpencil

Edupost.id – Masih banyaknya daerah di Indonesia yang belum terjangkau aliran listrik menggugah mahasiswa Universitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *