Kamis , 19 Januari 2017
Home / Profil Inspiratif / Hana, Srikandi Astronomi Indonesia

Hana, Srikandi Astronomi Indonesia

Edupost.ID- Hana Widiapsari Nuraini (19), menjadi satu-satunya delegasi perempuan dalam timnas Indonesia untuk International Olympiad on Astronomy and Astrophisic. Perempuan berkacamata ini berhasil mendapat medali perak dengan peringkat ke-16 dari 116 peserta olimpiade.

“Waktu denger namaku dipanggil, aku bersyukur banget. Dari hari sebelumnya aku udah panik banget nunggu kabar pengumumannya,” ujar Hana yang dihubungi Edupost.ID.

Baginya, astronomi merupakan bidang sains yang paling menarik. Objek-objek yg dipelajari sangat unik dan tidak ada di bumi. Ukuran objek dan satuan jarak yang digunakan di bidang astronomi sangat besar, sehingga menyadarkan betapa kecilnya kita di alam semesta.

Fenomena yang terjadi di luar angkasa juga menakjubkan. Contohnya interaksi partikel yang sangat kecil dapat berevolusi menjadi sebuah bintang yang sangat besar.

“Kegiatan observasi astronomilah yang paling seru. Aku suka menentukan rasi apa itu serta menentukan arah orientasi mata angin dari situ,” kesan Hana yang tahun ini masuk di Fakultas Teknologi Industri, ITB.

Meski begitu, ada juga bagian dari astronomi yang sulit dipelajari Hana, yakni Kosmologi. Kosmologi berdasarkan teori relativitas umum Einstein. Di dalamnya ada materi mekanika kuantum yang sama sekali belum pernah didapat di SMA.

Alumni olimpiade astronomi SMAN 8 Jakarta yang telah memperkenalkan Hana pada astronomi. Di SMA-nya, Hana bergabung dalam Study Club. Dari sana dia belajar dari nol. Kemudian berlanjut ke pelatihan daerah dan nasional.

Hana banyak mendiskusikan minatnya terhadap astronomi dengan kawan-kawannya di pelatnas. Ternyata banyak teman yang terlihat biasa, namun nilainya bagus. Dari pelatnas ia belajar menjaga kesehatan juga.

Prestasi Hana sudah dimulai sejak SD. Ketika itu ia mengikuti olimpiade bidang IPA sampai tingkat provinsi. Kemudian berlanjut di SMP, masih olimpiade, tapi bidang matematika. Di SMA, kelas 10, Hana mengikuti OSN astronomi hingga provinsi. Sedangkan untuk prestasi di kelas, Hana hampir selalu masuk rangking 5 besar.

Setelah memenangkan olimpiade ini, Hana ingin fokus pada kuliah sekaligus mencari kesempatan untuk ikut ajang prestasi lagi di perguruan tinggi. Cita-citanya memberikan kontribusi dalam bidang produksi dan industri di Indonesia.  (Nurfi)

Check Also

Mahasiswa UGM Ikuti Asian Waterbirs Cencus

Lestarikan Burung, Enam Mahasiswa UGM Ikuti AWC

Edupost.id – Enam mahasiswa pecinta alam Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Mapala Silvagama, turut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *