Rabu , 20 September 2017
Home / Profil Inspiratif / Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS
Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS
Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS (ITS dok.)

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Edupost.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mempertahankan predikat juara pertama Mahasiswa Beprestasi (Mawapres) Program Diploma Tingkat Nasional. Nama M Syaifuddin Zuhri, mahasiswa D4 Teknik Infrastruktur Sipil ITS, dinobatkan sebagai juara pertama di ajang bergengsi itu.

Ifud, sapaan akrab M Sayifuddin Zuhri,meskipun sudah langganan juara karya tulis tingkat nasional, ia mengaku tidak menyangka namanya akan disebut paling terakhir untuk program diplomat dalam ajang tahunan gelaran Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiwaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

“Sejujurnya, saya masih tidak percaya bisa menjadi juara satu karena finalis yang lain prestasinya juga tidak kalah banyak dan karya tulisnya juga bagus semua,” tuturnya sembari tersenyum.

Kemenangannya tak lepas dari tema karya tulis yang ia usung yaitu mengenai konstruksi bangunan tahan gempa. Selain itu, Ifud dinobatkan menjadi yang terbaik untuk program diploma atas dasar penilaian terkait indeks prestasi, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris serta prestasi ekstra kurikuler.

Ifud menerangkan, perjuangannya hingga sampai titik ini tidaklah mudah. Meskipun karya tulis yang ia presentasikan adalah pemikiran yang berhasil mengantarkannya menjadi jawara dalam mahasiswa berprestasi ITS, namun demam panggung ketika menghadapi juri tingkat nasional tidak terelakkan.

“Karya tulisnya memang sudah diperbaiki dan diperbagus lagi atas bantuan dosen pembimbing, tetapi demam panggungnya tetap terjadi,” akunya sembari tertawa.

Berbekal keyakinan dan keinginan untuk mengharumkan nama ITS di ajang bergengsi mahasiswa se tanah air, alumnus SMAN 2 Lamongan ini berhasil menyikat bersih semua pertanyaan dari para juri dan memberikan presentasi terbaiknya. “Meskipun sempat mengalami demam panggung, alhamdulillah tetap bisa memberikan presentasi dan jawaban yang memuaskan kepada dewan juri,” ujar pria berusia 21 tahun ini.

Ifud menambahkan, keikutsertaanya dalam kompetisi ini tidak lepas dari dorongan yang terus diberikan orang-orang sekitarnya. “Mulai dari orang tua, teman-teman di kampus, hingga para dosen kompak mendorong saya agar mau mengikuti seleksi mawapres,” ungkap sulung dari dua bersaudara ini.

Tak lupa, Ifud berharap apa yang telah ia peroleh dapat menjadi pelecut bagi mahasiswa ITS untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama almamater baik dikancah nasional maupun internasional. (ITS/ IK-SS)

Check Also

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

Edupost.id – ITS mendapat dua gelar juara dalam kompetisi debat Bahasa Inggris, National University Debating …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *