Selasa , 21 November 2017
Home / Profil Inspiratif / Isnan Hidayat, Pemuda Inspiratif Masa Kini

Isnan Hidayat, Pemuda Inspiratif Masa Kini

Dialah sosok ikhwan (laki-laki red.) alumni SMA Teladan, 4 tahun silam. Ya, di usianya yang ke-22 dia sudah mencetak banyak prestasi yang menginspirasi. Dan inilah yang menjadi alasan kita perlu mengupas profilnya di tulisan ini.

Isnan Hidayat, pemuda, kelahiran 17 Agustus 1991 yang menjadi lulusan terbaik fakultas psikologi UGM angkatan 2009, dengan IPK 3,94. (Masya Alloh, Subhanalloh luar biasa bukan?). Bayangkan angka 3,94 dari 4,00. Yap, angka yang mendekati perfect! Dan angka ini pulalah yang sebenarnya pun pasti menjadi impian dan cita-cita dari mayoritas teman-teman yang menyandang predikat ‘mahasiswa’.

Namun, dengan prestasi akademik yang sedemikian rupa, bukan berarti Isnan Hidayat ini adalah sosok yang ‘SO’ (Ah, ini istilah keren. Kalian tentu pada udah tau dong. SO, baca aja studi oriented). Isnan Hidayat, bukan hanya seorang pemuda yang duduk manis di depan meja belajar, memandangi buku-buku kuliahnya, atau memegang leptop untuk menuntaskan tugas-tugas kuliah dari dosen. Lebiih dari itu. Karena aktivitas-aktivitasnya di luar studi pun begitu banyak.

Dia memiliki seabrek aktivitas di berbagai lembaga training remaja; baik yang ada di kampusnya (Youth Empowerment Studio) maupun di lembaga training pelajar kota jogja (sebut saja LEKKP Epicentrum. Upz, pastinya kalian pernah denger dong nama lembaga ini?). Tak hanya itu saja, bahkan ia pun sempat Ketua KSAI Al Uswah Lembaga Muslim Alumni SMA N 1 Yogyakarta tahun 2011-2012.

Prestasi-prestasi lain yang sudah berhasil ia dapatkan selain sebagai lulusan terbaik dengan IPK yang cumlaude ada banyak, antara lain : peraih Triputra Group Scholarship (50 mahasiswa seluruh Indonesia) Batch 1, inisiator program “Dongeng di Minggu Sore” bagi ibu dan anak di Bantaran Kali Code bersama Tim PKM, dan peraih dana hibah PKM Kemendikbud 2011 & 2012. Bahkan dari hobinya menulis puisi, telah mengantarkan karya puisinya masuk dalam 2 Antologi Puisi Berjudul “Sebuah Monolog tentang Jatuh Cinta” dan “Oleh-oleh buat Bapak”. (Emm, keren kan? Sapa mau???)

Oya, ini ada sedikit ringkasan hasil wawancara online dengan beliau tentang tujuan kita sebagai pemuda punya prestasi dan bagaimana tips berprestasi…
Em,, jadi menurut Isnan ni sebenarnya tujuan kita punya prestasi ada beberapa poin :

  • Mengoptimalkan potensi diri (Menjawab pertanyaan buat apa aku hidup di dunia?), Ini ni poin yang perlu digarisbawahi. Betul, betul, betul???
  • Memenuhi kebutuhan-kebutuhan sesama manusia
  • Berbagi inspirasi, Emm, tuh kan berprestasi akhirnya bisa share inspirasi. Seru kan?

Kemudian tips berprestasi menurut Isnan kayak gini ni…

  • Memahami kondisi diri, kelebihan, kekurangan, passion
  • Peka terhadap kebutuhan lingkungan. Menjadikannya sebagai sarana inspirasi peledakan potensi
  • Memiliki cita-cita besar yang dikembangkan dari pemahaman kondisi diri dan kebutuhan lingkungan
  • Membuat skala prioritas dari impian dan aktivitas yang ada
  • Membuat daftar agenda dan manajemen agenda berdasarkan skala prioritas yang dibuat

Nah, sahabat-sahabat semua gimana? Seru kan bahasan kita kali ini. Yuk, kita ikuti jejaknya Isnan Hidayat, pemuda inspiratif masa kini. Udah pada siap berprestasi dan menginspirasi kan? Wallohu’alam bis showab. (Ika Feni)

Check Also

Beasiswa S2 dan S3 Universiti Tenaga Nasional di Malaysia

Edupost.id – Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia menawarkan skema UNITEN BOLD POSTGRADUATE SCHOLARSHIP kepada pelajar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *