Jumat , 22 September 2017
Home / Profil Inspiratif / Koleksi Perpustakaan MAN Yogyakarta 1, Kitab Kuning Hingga Tradisi Yogyakarta

Koleksi Perpustakaan MAN Yogyakarta 1, Kitab Kuning Hingga Tradisi Yogyakarta

Edupost.ID, Yogyakarta – Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta 1 pada tahun ini memperoleh Akreditasi “A” dari Badan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) sekaligus menajdi 10 besar perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi terbaik nasional. Dua prestasi terbaru ini memang layak disandang oleh perpustakaan yang sudah berdiri sejak 1982 ini.

Herastuti, Pustakawan MAN Yogyakarta 1 menuturkan, hingga saat ini, koleksi yang dimiliki berjumlah 39.923 eksemplar dengan 6.700 judul buku. Jenis koleksi yang dimiliki di antaranya buku fiksi, filsafat, agama, sains, kesenian, buku pelajaran, terbitan berkala, dan kitab kuning. Koleksi kitab kuning merupakan salah satu yang jarang ditemui di perpustakaan sekolah pada umumnya.

Ditambahkan Herastuti, ciri khas perpustakaan ini, selain adanya koleksi kitab kuning, juga ditonjolkan nuansa Jawa Yogyakarta. Di antaranya adanya layanan Angkringan Buku. Pelayanan peminjaman buku ini bisa diakses oleh para siswa pada setiap istirahat pertama. Angkringan biasanya adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.  Namun angkringan yang berlokasi di taman baca perpustakaan MAN Yogyakarta 1 ini menyajikan buku-buku, koran, majalah, tabloid, dan buletin.

Dikatakan Herastuti, adanya Angkringan Buku ini untuk mempermudah bagi para pengunjung: siswa, guru, dan karyawan mengakses  perpustakaan. Ia menjelaskan karena pengunjung angkringan secara langsung bisa menikmati buku-buku, bulletin, tabloid, dan koran tanpa menggunakan kartu anggota perpustakaan.

Jam layanan perpustakaan juga tergolong panjang. Untuk pagi, perpustakaan dibuka pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 15.00. kemudian, malam kembali dibuka selepas sholat Maghrib hingga pukul 19.00. “Malam hari kita melayani anak – anak yang tinggal dalam asrama,” ujar Herastuti.

Selain itu, perpustakaan ini juga membuka layanan Jogjasiana. Di sini, pengunjung akan dapat mencari informasi seputar Yogyakarta. Pengunjung akan melihat langsung miniatur gerobak sapi, andong, gamelan, dan wayang kulit, serta tentunya juga koleksi buku – buku tentang Yogyakarta.

Lokasi perpustakaan ini berada di area gedung dua lantai MAN Yogyakarta 1.  Di lantai 1, pengunjung bebas memilih koleksi bacaan umum. Pojok Jogjasiana juga berada di lantai 1. Di lantai 2, terdapat ruangan audiovisual, ruang referensi, dan juga ruang pertemuan.

Ruang pertemuan biasanya digunakan untuk mengadakan acara jumpa penulis, jumpa tokoh, ataupun kegiatan lainnya. Secara rutin, setiap Sabtu pada pekan terakhir pihak perpustakaan akan mengundang tokoh sebagai inspirasi siswa MAN Yogyakarta 1. Untuk bulan September 2015, kata Herastuti, pihaknya akan mengundang mantan Ketua KPK, Busyro Muqoddas. (Andi)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *