Selasa , 24 April 2018
Home / Profil Inspiratif / Komedian dan Tokoh Inspiratif, Pepeng Telah Berpulang

Komedian dan Tokoh Inspiratif, Pepeng Telah Berpulang

Edupost.ID – Kabar duka datang dari komedian sekaligus presenter Indonesia, Pepeng, yang tutup usia pada Rabu pagi (6/5) di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat. Ia meninggal dunia di usia 60 tahun setelah menjalani perawatan intensif atas penyakit yang sudah lama dideritanya.

Sejak 10 tahun terakhir, pria kelahiran Sumenep, 23 September 1954 itu mengidap penyakit langka yang dikenal dengan nama multiple sclerosis. Penyakit itu membuatnya tidak bisa banyak beraktivitas normal lagi. Ia hanya berbaring di kasur atau di kursi roda.

Pemilik nama asli, Ferrasta Soebardi ini telah memulai karirnya di entertainment sejak kuliah. Ia pernah memenangkan Lomba Lawak Mahasiswa tahun 1978 sebagai juara pertama. Dari lomba itu, ia bersama dua rekannya Krisna dan Nana Krip membentuk grup lawak bernama Bahana Joke dan FKR 246.

Karir di dunia siaran radio juga pernah dijajakinya melalui program Sersan Prambors. Dari sini namanya kian berkibar hingga Pepang berhasil merambah ke per-film-an. Tahun 1987, sejak Sersan Prambors bubar, nama Pepeng pun menghilang dari blantika hiburan. Kemudian Pepeng memilih berkarier sebagai pegawai kantor.

Berselang enam tahun, tepatnya tahun 1992, nama Pepeng kembali melejit berkat penampilan kocaknya saat membawakan acara Telekuis Jari-jari di salah satu stasiun TV swasta.

Pepeng juga tercatat telah mampu menyelesaikan studinya di Pasca Sarjana Psikologi Universitas Indonesia, jurusan Psikologi ‘Intervensi Sosial’ pada 4 Agustus 2006 dengan nilai sangat memuaskan (A). Tugas Akhirnya berbentuk sebuah program yang ia buat di Desa Sumurugul, Wanayasa, Purwakarta. Di desa itu, Pepeng membuat sebuah Radio Siaran Komunitas yang diberi nama YESS FM 88 Sumurugul.

Meski hanya terbaring di kasur, Pepeng tetap pribadi yang tangguh dan sabar. Bahkan, Ia masih mampu mencarikan nafkah untuk keluarganya dengan mengandalkan laptop dan internet yang selalu menemani kesehariannya. Banyak kalangan artis yang berkunjung ke rumahnya bukan sekedar untuk menjenguk, namun memetik banyak hikmah dari sosok istimewa Pepeng. (Ulfa)

Check Also

13.525 Pelajar se-Indonesia Beradu di Olimpiade Sains 2018

Edupost.id – Sebanyak 13.525 pelajar se-Indonesia saling beradu di ajang Olimpiade Sains Provinsi (OSP). Mereka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=