Jumat , 26 Mei 2017
Home / Profil Inspiratif / Niat Jalankan Tugas, Rina Eny Justru Pulang Bawa Piala
Rina Eny
Rina Eny, juara pertama guru OSN tingkat Kab Bogor (foto: Nisa/edupost)

Niat Jalankan Tugas, Rina Eny Justru Pulang Bawa Piala

Edupost.id, Bogor – Mendapatkan gelar juara pertama dalam Olimpiade Sains Nasional Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (OSN MIPA) 2016 adalah hal yang tak pernah terbayangkan wanita asal Semarang ini. Semula, ia hanya menjalankan tugas dari sekolah untuk mengikuti seleksi tersebut, namun ternyata ia berhasil membawa pulang piala. Rina Eny, guru kelas 4 SD IT Ummul Quro ini telah mengalahkan kandidat lainnya dari 21 kecamatan di Kabupaten Bogor.

“Saat tes tulis, nilai saya tidak tertinggi. Jadi unggulnya di video. Seleksinya itu tidak hanya tes tulis, tapi juga membuat risalah akademik yang berisi visi, misi, karya yang sudah diciptakan, sertifikat prestasi, dan video pembelajaran,” tuturnya kepada Edupost.id.

Rina, panggilan akrabnya, harus bersaing dengan 300 peserta dalam seleksi OSN tingkat kabupaten pada 26-27 April lalu. Meskipun ia sempat tidak percaya diri karena melihat kemampuan lawannya, tapi ia selalu yakin. “Mungkin ini jalannya orang harus bersakit-sakit dahulu. Jadi harus berjuang, nothing to lose,” ungkap guru yang telah mengabdi selama 13 tahun itu.

Seleksi tersebut diselenggarakan di SD Al Madinah, Bogor dan dihadiri guru perwakilan dari berbagai sekolah. “Ada yang dari Tenjo, Nanggung, Parung Panjang, Cileungsi dan daerah pelosok lainnya. Memang mereka sangat baik dalam segi pengetahuan MIPA-nya,” jelasnya.

Ibu tiga anak ini, juga sempat kesulitan ketika harus mempersiapkan berkas untuk seleksi. Penugasan dari Kepala Sekolah baru diberikan  saat ia sedang mengikuti Pekan Raya di sekolah pada Rabu minggu lalu. Sementara, Jumat, berkas harus diselesaikan. “Membuatnya dengan kecepatan Superman,” candanya.

Rina mengaku banyak pihak yang mendukung di balik kesuksesannya tersebut. “Sampai ustazah dan anak-anak ikut mendoakan. Jadi saya tidak merasa sendirian. Selain itu, sosok yang menjadi panutan saya yaitu Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan,” tambahnya.

Atas prestasinya itu, lulusan Gizi Masyarakat, IPB Bogor ini terpilih untuk mewakili OSN tingkat provinsi pada Juli mendatang. Meski tak mudah meraih sebuah prestasi, ia tetap yakin semua akan terwujud jika mau bekerja keras. “Siapa yang sungguh-sungguh, pasti dia berhasil,” tambahnya. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *