Kamis , 25 Mei 2017
Home / Profil Inspiratif / Olivia Zalianty, Artis yang Berkiprah di Dunia Pramuka

Olivia Zalianty, Artis yang Berkiprah di Dunia Pramuka

Edupost.id – Olivia Zalianty selama ini dikenal sebagai artis yang sering menghiasi layar kaca. Namun, tak ada yang mengira bahwa wanita kelahiran Jakarta, 18 Oktober 1981 ini juga menggeluti kegiatan pramuka. Ia merupakan Andalan Nasional Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Urusan Komunikasi dan Informasi.

Kak Olivia pernah ditunjuk sebagai Duta Millenium Development Goals (MDGs)‎ pada 2015 lalu. Ia konsen menangani persoalan narkoba dan lingkungan. Ia menyebut, berdasarkan data statistik setiap hari Indonesia memproduksi sampah sekitar 200.000 ton.

‎Sampah rumah tangga menempati urutan paling besar yakni, 48%, kemudian, pasar tradisional 24%, fasilitas publik 19%. Sedangkan untuk pengolahan sampah, 68%, diangkut dan ditimbun, 9% dikubur, 6% diolah, dan 7% tak terkelola‎.

Sementara pramuka, ‎memiliki anggota ± 20 juta orang, 34 kwartir daerah, 504 kwartir cabang dan lebih dari 109.767 gugus depan. ‎”Menurut saya, Ini sangat potensial untuk melakukan gerakan atau upaya terhadap masalah lingkungam di Indonesia,” terangnya.

Adik kandung dari aktris Marcella Zalianty ini menyadari, memang tidak mudah untuk membangun kesadaran kolektif kepada anggota pramuka untuk cinta lingkungan. Namun, pihaknya terus berupaya untuk menciptakan kesadaran itu.

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan) Bersama Pramuka yang akan diadakan di Pantai Impian Jaya Ancol pada 29 Mei 2016 pagi, dengan peserta lebih dari 1000 dari penggalang, penegak, pandega, dan kakak pembina. Mereka akan membersihkan pantai Ancol dan jalan sehat.

“Gerakan ini harus dimulai, karena Gaul Bersama Pramuka tanggal 29 nanti di Ancol, Itu baru awal pencanangannya saja,” imbuhnya. (Kwarnas)

Check Also

scout bazaar

Pramuka Asia Pasifik Luncurkan Situs Belanja Online

Edupost.id – Komite Pramuka se-Asia Pasifik sepakat untuk membuat situs belanja online khusus menjual atribut, alat atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *